KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI CIPLUKAN

Artikel tentang tanaman ciplukan ini akan menjelaskan ciri ciri ciplukan lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman ciplukan (klasifikasi dan deskripsi ciplukan).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Ciplukan

Tanaman ciplukan adalah tanaman semak rendah yang mempunyai umu kira-kira 1 tahun. Tanaman ini berasal dari benua Amerika dan bisa tumbuh dengan baik di datara rendah sampai ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Tanaman ciplukan ini sering dianggap sebagai tumbuhan liar karena biasanya banyak tumbuh di tanah tegalan, sawah sawah kering dan hutan hutan jati. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi ciplukan :


Klasifikasi Tanaman Ciplukan

Apa klasifikasi ilmiah ciplukan ?


Nama ilmiah ciplukan atau nama latin ciplukan adalah Physalis angulata L. Klasifikasi tumbuhan ciplukan adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Solanales
FAMILI : Solanaceae
GENUS : Physalis L.
SPESIES : Physalis angulata L.

Tabel : klasifikasi ciplukan (physalis angulata)


Morfologi Tanaman Ciplukan

Apa ciri ciri morfologi ciplukan / ciri ciri tumbuhan ciplukan ?


Ciri khusus ciplukan / ciri khas ciplukan & struktur morfologi ciplukan yaitu :

Morfologi Akar Ciplukan

Akar tanaman ciplukan adalah akar tunggang yang kemudian akan tumbuh akar cabang lalu akar serabut. Bentuk akar ini bulat memanjang dan berwarna putih. Akar tanaman ciplukan tidak intensif, menyebar dan tidak masuk jauh ke dalam tanah. Akar ciplukan memiliki rasa yang agak pahit.

Morfologi Batang Ciplukan

Batang tanaman ciplukan berdiri tegak dan tingginya bisa mencapai 1 meter. Batang bawah ciplukan berbentuk bulat dan beralur yang berwarna kecokelatan. Batang ini berusuk, bersegi lancip dan berongga. Batang ciplukan yang sudah tua berkayu. Percabangan ciplukan biasanya muncul di ketiak daun ketiga yang dekat dengan tanah. Kulit batangnya berwarna hijau.

Morfologi Daun Ciplukan

Daun tanaman ciplukan adalah daun tunggal yang bertangkai. Letak daun ciplukan ini tersebar di bagian bawah, kemudian berpasangan di atas. Helaian daun berbentuk bulat oval atau bulat memanjang lanset dengan ujung meruncing. Tepi daun merata atau bergelombang.

Panjang daun ciplukan sekitar 5 sampai 15 cm dan lebar 2,5 hingga 10,5 cm. Ibu tulang daun ciplukan yang dibagian pangkal berwarna keunguan, tangkai daun berwarna hijau dengan uratnya yang berwarna keputihan.

Morfologi Bunga Ciplukan

Bunga ciplukan adalah bunga tunggal yang muncul di ujung tangkai atau ketiak daun. Kelopak bunganya berbagi lima, serta taju bersudut tiga dan meruncing. Mahkota bunga ciplikuan berbentuk seperti lonceng dan berwarna kuning muda dengan noda noda berwarna cokelat.

Di bawah setiap noda noda tersebut terdapat kelompok rambut rambut pendek yang berbentuk menyerupai huruf V. tangkai benang sari ciplukan berwarna kuning pucat dan kepala sari berwarna biru muda. Kepala putik berbentuk menyerupai tombol.

Morfologi Buah Ciplukan

Buah ciplukan berbentuk seperti telur yang terbungkus dalam kelopak menggelembung. Warna buahnya hijau muda kekuningan. Buah ciplukan adalah buah buni dan memiliki rasa yang manis.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan ciplukan secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman ciplukan ya teman ! Baca juga klasifikasi cemara kipas :)