KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI DAUN SUJI

Artikel tentang tanaman suji ini akan menjelaskan ciri ciri daun suji lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman suji (klasifikasi dan deskripsi daun suji).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Suji

Tanaman suji adalah sejenis tanaman perdu yang berumur tahunan. Tanaman ini dikenal karena daunnya yang sering dimanfaatkan sebagai pewarna hijau bagi makanan. Daun suji berwarna hijau lebih pekat dari pada daun pandan wangi.

Selain sebagai pewarna makanan, tanaman ini juga digunakan sebagai tanaman hias yang sering ditanam di halaman rumah. Hal ini karena tanaman suji mempunyai bentuk yang indah dan bunganya mengeluarkan aroma yang wangi, terutama ketika sore. Kegunaan lainnya, tanaman suji dipergunakan sebagai pengobatan tradisional di wilayah Asia timur, organ yang dimanfaatkan adalah rimpang dan akarnya. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi daun suji :


Klasifikasi Daun Suji

Apa klasifikasi ilmiah daun suji ?


Nama ilmiah daun suji atau nama latin daun suji adalah Dracaena angustifolia. Klasifikasi tumbuhan suji adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Asparagales
FAMILI : Asparagaceae
GENUS : Dracaena L
SPESIES : Dracaena angustifolia

Tabel : klasifikasi daun suji


Morfologi Tanaman Suji

Apa ciri ciri morfologi daun suji / ciri ciri tumbuhan suji ?


Ciri khusus daun suji / ciri khas daun suji & struktur morfologi daun suji yaitu :

Morfologi Akar Suji

Tanaman suji mempunyai akar yang berupa akar tunggang dan berwarna putih. Akar tanaman suji ini sering dimanfaatkan sebagai obat yang berkhasiat mengobati leukemia.

Morfologi Batang Suji

Tanaman suji adalah tanaman perdu yang tumbuh tegak atau pohon kecil dengan tinggi yang mencapai 6 sampai 8 meter. Batang tanaman suji berkayu dan beralur melintang serta warnanya putih kotor.

Morfologi Daun Suji

Tanaman suji memiliki daun yang berbentuk seperti pita atau lanset dengan ujungnya sangat meruncing. Daun suji ini adalah daun tunggal yang letaknya selang seling dan bagian tepi daun merata.. Pangkal daun memeluk batang dan panjang daunnya sekitar 16 sampai 20 cm dengan lebar 3 sampai 4 cm. Pertulangan daun suji sejajar dan warna daun hijau tua.

Morfologi Bunga Suji

Tanaman suji mempunyai perbungaan yang berbentuk malai atau tandan dengan panjang lebih dari 75 cm. Bunga suji berwarna kuning keputih-putihan atau putih keunguan. Bunga tanaman suji adalah bunga majemuk yang terletak di bagian ujung cabang tanaman.

Buah suji berbentuk membulat dengan 3 cuping dan berdiameter 1,5 sampai 2,5 cm. Buah ini berwarna hijau hingga jingga terang dan memiliki biji yang berbentuk bulat dan berwarna putih bening. Biji suji ini berjumlah sekitar 1 sampai 3 biji.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan suji secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman suji ya teman ! Baca juga klasifikasi ciplukan (physalis angulata) :)