KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI DELIMA

Artikel tentang pohon delima ini akan menjelaskan ciri ciri delima lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman delima (klasifikasi dan deskripsi delima).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Delima

Delima (Punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang berbentuk pohon perdu atau pohon kecil. Tanaman buah ini berasal dari daerah Himalaya lalu menyebar ke Afrika, Asia, Eropa dan Amerika. Tanaman ini diperkirakan masuk ke Indonesia pada tahun 1416 oleh pedagang dari Persia.

Pohon delima tersebar di daerah subtropik hingga tropik, dari dataran rendah hingga ketinggian di bawah 1000 meter di bawah permukaan laut. Tanaman ini cocok ditanam di tanah yang gembur dan kandungan air tidak terlalu banyak. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi delima :


Klasifikasi Tanaman Delima

Apa klasifikasi ilmiah delima ?


Nama ilmiah delima atau nama latin delima adalah OOO. Klasifikasi tumbuhan delima adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Myrtales
FAMILI : Lythraceae
GENUS : Punica L.
SPESIES : Punica granatum L.

Tabel : klasifikasi delima


Morfologi Tanaman Delima

Apa ciri ciri morfologi delima / ciri ciri tumbuhan delima ?


Ciri khusus delima / ciri khas delima & struktur morfologi delima yaitu :

Morfologi Batang Delima

Batang tanaman delima adalah tanaman berkayu dengan ranting yang bersegi. Percabangan delima banyak tetapi tidak kuat, dan terdapat duri pada ketiak daunnya. Warna batang ketika muda adalah cokelat lalu berubah menjadi hijau kotor setelah tua.

Morfologi Daun Delima

Daun delima yaitu daun tunggal dan tangkainya pendek serta letak berkelompok. Bentuk dari daun delima ini adalah lonjong, pangkalnya menyirip, ujungnya tumpul, bagian tepi daun rata, pertulangan menyirip dan permukaan atas daun mengkilap. Panjang daun ini bisa mencapai 1 – 9 cm dengan lebar 0,5 – 2,5 cm.

Morfologi Bunga Delima

Tanaman delima ini bisa berbunga sepanjang tahun, bunganya merupakan bunga tunggal dan bertangkai pendek, serta bunga keluar di ujung ranting atau di ketiak daun yang paling atas. Umumnya, terdapat satu sampai lima bunga dengan warna merah, putih atau ungu. Warna dari bunga ini menentukan warna buahnya. Bunga berwarna merah akan menghasilkan buah warna merah, bunga berwarna putih akan menghasilkan buah yang berwarna putih, sedangkan bunga yang berwarna ungu akan menghasilkan buah yang berwarna ungu juga.

Morfologi Buah Delima

Buah delima terbagi menurut warnanya, delima merah, putih dan ungu. Buah delima berbentuk bulat dan diameternya 5 – 12 cm. Pada buah biasanya terdapat bercak-bercak yang agak menonjol dan berwarna lebih tua. Daging buah delima mengandung banyak air dan rasanya manis keasaman hingga manis.

Di dalam buah delima, terdapat butiran-butiran biji putih yang terbungkus oleh daging buah. Bijinya banyak dan berbentuk bulat panjang bersegi dan agak pipih, kecil, keras, lalu tersusun tidak beraturan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan delima secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman delima ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi daun dewa :)