KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI EUCALYPTUS

Artikel tentang tanaman eucalyptus ini akan menjelaskan ciri ciri eucalyptus lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman eucalyptus (klasifikasi dan deskripsi eucalyptus).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Eucalyptus

Tanaman Eucalyptus adalah tanaman endemik di Australia dan kepulauan sebelah utara, Pulau Irian dan Philipina. Tanaman yang mempunyai nama lain ‘Ampupu’ ini merupakan famili Myrtaceae, terdiri atas lebih kurang 700 jenis. Jenis Eucalyptus dapat berupa semak dan perdu serta tingginya bisa mencapai ketinggian 100 meter.

Jenis eucalyptus yang paling dikenal antara lain :

  • eucalyptus albae
  • eucalyptus deglupta
  • eucalyptus globulus

Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi eucalyptus :


Klasifikasi Tanaman Eucalyptus

Apa klasifikasi ilmiah eucalyptus ?


Nama ilmiah eucalyptus atau nama latin eucalyptus adalah Eucalyptus spp. Klasifikasi tumbuhan eucalyptus adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Myrtales
FAMILI : Myrtaceae
GENUS : Eucalyptus L’Hér
SPESIES : Eucalyptus alba Reinw. ex Blume
SPESIES : Eucalyptus globulus Labill.
SPESIES : Eucalyptus deglupta Blume

Tabel : klasifikasi eucalyptus


Morfologi Tanaman Eucalyptus

Apa ciri ciri morfologi eucalyptus / ciri ciri tumbuhan eucalyptus ?


Ciri khusus eucalyptus / ciri khas eucalyptus & struktur morfologi eucalyptus yaitu :

Morfologi Akar & Batang Eucalyptus

Sistem perakarannya yang masih muda cepat sekali memanjang menembus ke dalam tanah. Tinggi pohon Eucalyptus bisa mencapai 40 meter dan diameternya sekitar 100 cm atau lebih dan tidak berbanir. Kulit batang bagian luar Eucalyptus biasanya berwarna cokelat muda sampai cokelat tua, keadaan kulitnya licin dan mengelupas memanjang tidak teratur, hal ini yang menjadi ciri khas dari Eucalyptus.

Bentuk kulitnya bermacam-macam mulai dari kasar, dan berserabut, halus bersisik, tebal bergaris-garis atau berlekuk-lekuk. Tanaman Eucalyptus biasanya bertajuk sedikit ramping, ringan dan banyak meloloskan sorot sinar matahari. Percabangannya lebih banyak, membuat sudut ke atas dan daunnya tidak begitu lebat.

Morfologi Daun Eucalyptus

Daun Eucalyptus berbentuk bulat oval, memanjang dan lanset, serta pangkal daun mengecil hingga ke ujung meruncing. Pada tingkat anakan daun, bentuk duduk daun berhadap-hadapan, dan pada tingkat pohon, bentuk duduk daun tersebar.

Daun dan cabang dari beberapa jenis Eucalyptus menghasilkan minyak yang merupakan produk penting untuk farmasi, misalnya untuk obat gosok atau obat batuk, parfum, sabun, detergen, disinfektan dan pestisida.

Morfologi Bunga Eucalyptus

Tanaman Eucalyptus memiliki bunga yang memanjang dan tidak bertangkai, warna benang sarinya putih dan berjumlah banyak. Bunga beberapa jenis lainnya menghasilkan serbuk sari dan nektar yang baik untuk madu. Beberapa jenis Eucalyptus sp. ditanam sebagai tanaman hias.

Manfaat Eucalyptus

Salah satu pemanfaatan tanaman Eucalyptus yaitu kayunya. Kayu Eucalyptus bisa digunakan antara lain untuk bangunan di bawah atap, kusen pintu dan jendela, kayu lapis, bahan pembungkus, korek api, bubur kayu (pulp), kayu bakar. Beberapa jenis Eucalyptus ada yang digunakan untuk tanaman kegiatan reboisasi, dan ada juga beberapa jenis Eucalyptus sp. yang menghasilkan gom (kino).


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan eucalyptus secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman eucalyptus ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi eboni :)