KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI FICUS ELASTICA

Artikel tentang tanaman ficus elastica ini akan menjelaskan ciri ciri ficus elastica lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman ficus elastica (klasifikasi dan deskripsi ficus elastica).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Ficus elastica

Ficus elastica, atau kita sering mengenalnya dengan nama tanaman ‘karet kebo’ adalah pohon hias yang populer ditanam di seluruh penjuru dunia. Tanaman ini bisa tumbuh di daerah beriklim tropis. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi ficus elastica :


Klasifikasi Tanaman Ficus Elastica

Apa klasifikasi ilmiah ficus elastica ?


Klasifikasi tumbuhan ficus elastica adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Rosales
FAMILI : Moraceae
GENUS : Ficus L.
SPESIES : Ficus elastica Roxb. ex Hornem.

Tabel : klasifikasi ficus elastica


Morfologi Tanaman Ficus Elastica

Apa ciri ciri morfologi ficus elastica / ciri ciri tumbuhan ficus elastica ?


Ciri khusus ficus elastica / ciri khas ficus elastica & struktur morfologi ficus elastica yaitu :

Morfologi Akar Ficus Elastica

Tanaman Ficus elastica atau karet kebo merupakan tanaman dengan sistem perakaran akar tunggang. Akar ini mampu menopang batang tanaman yang tumbuh tinggi. Sistem perakaran tanaman karet kebo ini menyebar cukup luas sehingga tanaman masih bisa tumbuh meskipun dalam kondisi tidak menguntungkan.

Morfologi Batang Ficus Elastica

Tanaman Ficus elastica adalah tanaman berbentuk pohon yang berumur panjang (perennial). Tinggi tanaman ini bisa mencapai 20 sampai 30 m. Batangnya berkayu dengan bentuk silindris, berwarna cokelat tua, permukaan batang halus, percabangan menyebar taidak beraturan sehingga membuat pohon menjadi rindang dan akan keluar akar-akar menggantung dari batang atau cabang yang sudah besar.

Morfologi Daun Ficus Elastica

Daun Ficus elastica adalah daun tunggal, bertangkai, dan tersusun secara selang seling. Bentuk daun tanaman ini adalah lonjong dengan bagian ujung dan pangkal daun meruncing. Bagian tepi daunnya merata dan mengkilat pada bagian permukaan daunnya.

Pada pohon yang masih muda, panjang daun Ficus elastica bisa mencapai kurang lebih 35 cm dengan lebar 15 cm. Kemudian, setelah pohon menjadi dewasa, rata-rata panjang daun menjadi lebih kecil, yaitu sekitar 10 – 15 cm panjangnya serta lebar kurang lebih 5 – 7 cm.

Daun muda Ficus elastica berwarna merah hati, lalu menjadi hijau tua setelah dewasa. Kuncup daun muda tertutup oleh selaput bumbung (ocrea) berbentuk kerucut tajam dan berwarna merah muda.

Morfologi Bunga Ficus Elastica

Bunga Ficus elastica muncul di ketiak daun, dan berwarna merah kusam. Penyerbukannya sangat tergantung pada satu jenis kumbang. Bunga Ficus elastica adalah bunga tunggal yang berkelamin satu. Kelopaknya berbentuk menyerupai mangkok dan berwarna hijau. Panjang benang sari kurang lebih 7 mm dan berwarna putih. Kepala sari berbentuk bulat dan berwarna hitam. Panjang putik antara 1 – 2 cm, kepala putik berbentuk bulat, berwarna hitam, mahkota berbentuk pita, halus dan kuning.

Morfologi Buah Ficus Elastica

Buah Ficus elastica berbentuk bulat telur dengan panjang kurang lebih 1 cm dan berwarna kuning kehijauan. Buahnya buni dengan diameter 1 -2 cm. Bijinya berbentuk bulat, berwarna putih dan terdapat dalam setiap ruang buah. Jumlah biji umumnya tiga dan kadang enam sesuai dengan jumlah ruang. Ukuran biji besar dengan kulit keras. Warnanya cokelat kehitaman dengan bercak-bercak berpola yang khas.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan ficus elastica secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman ficus elastica ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman eucalyptus :)