KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI FLAMBOYAN

Artikel tentang tanaman flamboyan ini akan menjelaskan ciri ciri flamboyan lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman flamboyan (klasifikasi dan deskripsi flamboyan).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Flamboyan

Tanaman flamboyan (Delonix regia) adalah tanaman yang khas dengan pohon besar dan bunga-bunga berwarna merah cerah. Tanaman flamboyan memiliki nama genus Delonix yang berasal dari kata Yunani yaitu ‘delos’ (artinya mencolok), dan onyx yang berarti cakar. Nama ini merujuk pada penampilan bunga yang memang mencolok dan mahkota bunga yang mengembang seperti cakar.

Pohon flamboyan ini biasanya dibudiayakan di daerah beriklim tropis atau sub tropis sebagai tanaman hias. Tanaman ini terancam punah karena habitat aslinya dirusak. Selain sebagai tanaman hias, tanaman flamboyan juga kerap dijadikan sebagai pohon pelindung atau peneduh. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi flamboyan :


Klasifikasi Tanaman Flamboyan

Apa klasifikasi ilmiah flamboyan ?


Nama ilmiah flamboyan atau nama latin flamboyan adalah Delonix regia. Klasifikasi tumbuhan flamboyan adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Fabales
FAMILI : Fabaceae
GENUS : Delonix Raf.
SPESIES : Delonix regia (Bojer) Raf.

Tabel : klasifikasi flamboyan


Morfologi Tanaman Flamboyan

Apa ciri ciri morfologi flamboyan / ciri ciri tumbuhan flamboyan ?


Ciri khusus flamboyan / ciri khas flamboyan & struktur morfologi flamboyan yaitu :

Morfologi Pohon Flamboyan

Tanaman flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung. Ketinggian tanaman ini yaitu sekitar 9 sampai 15 meter. Apabila tanaman ini tumbuh di daerah yang memiliki 2 musim, maka akan gugur saat musim kemarau, tetapi akan tepi hijau pada musim semi dan dingin pada daerah dengan empat musim.

Tumbuhan ini juga sering disebut tanaman semi-hijau abadi (evergreen). Batang flamboyan sedikit bengkok dan kulitnya agak kasar serta berwarna abu-abu.

Morfologi Daun Flamboyan

Daun tanaman flamboyan mempunyai bulu-bulu di bagian permukaannya. Sistem pertulangan daun flamboyan yaitu berbentuk menyirip dengan panjang daun kira-kira 30 sampai 80 cm dan lebar 11 hingga 25 cm.

Daun flamboyan memiliki bulu dibagian permukaannya. Daun pohon 6-8 m tinggi dengan mahkota berbentuk Parasol dan batang sangat sedikit bengkok dengan kulit abu-abu, agak kasar.

Morfologi Bunga Flamboyan

Bunga-bunga tanaman flamboyan mekar secara musiman, dan umumnya mekar saat pertengahan musim panas. Bunga flamboyan berwarna merah, mempunyai diameter kira-kira 8 sampai 15 cm. Bunga ini memiliki mahkota dengan empat kelopak berbulu yang berwarna merah atau oranye merah, panjangnya sekitar 4 sampai 7 cm. Bentuk kelopak bunga sedikit lebih besar yang ditandai dengan warna kuning dan putih.

Bunga muncul saat pohon tidak memiliki daun. Benang sari berjumlah 10, ramping dan berwarna merah. Tanaman flamboyan adalah tanaman kacang-kacang atau polong. Polong yang sudah tua berwarna cokelat gelap.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan flamboyan secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman flamboyan ya teman ! Baca juga klasifikasi tumbuhan ficus elastica :)