KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI JERINGAU

Artikel tentang tanaman jeringau ini akan menjelaskan ciri ciri jeringau lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman jeringau (klasifikasi dan deskripsi jeringau).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Jeringau

Nama lain jeringau adalah Waan man (Thai), sweet flag (English), dlingo (Jawa).

Ada begitu banyak khasiat tanaman jeringau .Bagian-bagian tanaman jeringau mempunyai kegunaan khusus, rhizome / akar rimpangnya berbau aromatik mengandung bahan kimia yang digunakan untuk obat-obat tradisional; rhizome juga digunakan sebagai penyedap parfum dan minuman,

Manfaat tanaman jeringau lainnya yaitu tanaman ini bisa dijadikan sebagai insektisida alami. Bunga mudanya juga dapat dimakan.

Karena berbau aromatik, tumbuhan jeringau ini kerapkali digunakan dalam upacara-upacara & ritual tradisional sebagai pengusir roh jahat seperti yang dilakukan oleh beberapa suku di daerah banjar. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi jeringau :


Klasifikasi Tanaman Jeringau

Apa klasifikasi ilmiah jeringau ?


Nama ilmiah jeringau atau nama latin jeringau adalah Acorus calamus. Klasifikasi tumbuhan jeringau adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Acorales
FAMILI : Acoraceae
GENUS : Acorus L.
SPESIES : Acorus calamus L.

Tabel : klasifikasi jeringau


Morfologi Tanaman Jeringau

Apa ciri ciri morfologi jeringau / ciri ciri tumbuhan jeringau ?


Ciri khusus jeringau / ciri khas jeringau & struktur morfologi jeringau yaitu :

Herba perenial ini dapat tumbuh setingi 1 meter. Perakarannya tumbuh dengan baik, rhizomenya berwarna kemerahan dengan daging berwarna putih. Daunnya berbau aroma kuat bila ditumbuk. Bentuk helai daunnya memanjang dengan tepi daun berombak, tulang daunnya kaku, panjangnya sekitar 1 meter dan lebar 2 cm.

Bunganya hermaprodit, berukuran kecil-kecil, kuning kehijauan, tersusun dalam malai silinderis yang kompak sepanjang 8 cm. Buahnya seperti berry yang berisi beberapa biji berbentuk elipstik.

Tanaman ini lebih senang hidup di tempat-tempat yang basah, tergenang air /paya-paya. Jerangau dapat tumbuh pada ketinggian 2275 — 2000 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini dapat pula ditanam di sepanjang parit, kolam, danau-danau dan tepi sungai.

Pada saat sekarang ini jeringau belum banyak dibudidayakan, tetapi dapat diperbanyak dengan potongan-potongan rimpang / rhizomenya. Berbunga sekitar bulan Oktober.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan jeringau secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman jeringau ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman kola :)