KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI KACANG BUNCIS

Artikel tentang sayuran kacang buncis ini akan menjelaskan ciri ciri kacang buncis lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kacang buncis (klasifikasi dan deskripsi kacang buncis).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kacang Buncis

Tanaman kacang buncis (Phaseolus vulgaris L.) adalah tanaman sayuran polong semusim yang berumur pendek dan merupakan merupakan salah satu tanaman hortikultura yang penting. Tanaman ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari daerah Amerika Latin dan Amerika Tengah, lalu menyebar ke wilayah Eropa dan Asia. Kacang buncis dan kacang jogo memiliki nama ilmiah yang sama, yaitu Phaseolus vulgaris L., bedanya terletak pada tipe pertumbuhan dan kebiasaan panen.

Kacang buncis tumbuh merambat dan polongnya dipanen muda, sedangkan kacang jogo merupakan kacang buncis jenis tegak yang tidak merambat dan biasanya dipanen tua. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kacang buncis :


Klasifikasi Tanaman Kacang Buncis

Apa klasifikasi ilmiah kacang buncis ?


Nama ilmiah kacang buncis atau nama latin kacang buncis adalah Phaseolus vulgaris L.. Klasifikasi tumbuhan kacang buncis adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Fabales
FAMILI : Fabaceae
GENUS : Phaseolus L.
SPESIES : Phaseolus vulgaris L.

Tabel : klasifikasi kacang buncis


Morfologi Tanaman Kacang Buncis

Apa ciri ciri morfologi kacang buncis / ciri ciri tumbuhan kacang buncis ?


Ciri khusus kacang buncis / ciri khas kacang buncis & struktur morfologi kacang buncis yaitu :

Morfologi Akar Buncis

Pada umumnya, sistem perakaran tanaman buncis tidak besar atau ekstensif. Akar buncis adalah akar tunggang dan serabut dengan percabangan lateralnya dangkal dan mampu tumbuh hingga sekitar kedalaman kurang lebih 1 meter. Akar tanaman buncis berwarna kuning kotor.

Morfologi Batang Buncis

Batang tanaman buncis berbentuk bulat, lunak, sifatnya merambat dan bercabang banyak hingga tampak rimbun. Tanaman ini membengkok dan beruas-ruas serta memiliki bulu-bulu halus.

Morfologi Daun Buncis

Daun tanaman ini berbentuk bulat oval dengan ujung daun yang meruncing dan bagian tepi daun merata serta pertulangan daun menyirip. Daun buncis memiliki bulu-bulu sangat halus. Ukuran daun buncis yang kecil panjangnya kira-kira 7 – 9 cm dan lebar 6 – 7.5 cm, sedangkan yang berukuran besar panjangnya 11 – 13 cm dan lebar 10 – 11 cm. Posisi letak daun tegak tetapi agak mendatar, bertangkai pendek dan di setiap cabang memiliki tiga daun menyirip yang posisinya saling berhadapan.

Morfologi Bunga Buncis

Bunga tanaman buncis merupakan bunga sempurna, yaitu tanaman yang berkelamin ganda (hermaprodit). Ukuran bunga buncis ini kecil, yaitu sekitar kurang lebih 1 cm, berbentuk bulat panjang atau silindris dan tumbuh di cabang yang masih muda atau pucuk-pucuk muda. Bunga menyerbuk sendiri dengan bantuan angin dan serangga.

Polong buncis ada yang berbentuk pipih lebar dengan ukuran panjang kurang lebih 20 cm, bulat lurus dan pendek dengan ukuran 12 cm, dan bulat panjang dengan ukuran kira-kira 15 cm. susunan polong ini bersegmen dengan jumlah biji per polong kira-kira 5 sampai 14 biji. Ukuran dan warna dari polong bermacam-macam tergantung pada varietasnya.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kacang buncis secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kacang buncis ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi binahong :)