KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI KAYU MANIS

Artikel tentang tanaman kayu manis cinnamon ini akan menjelaskan ciri ciri kayu manis lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kayu manis (klasifikasi dan deskripsi kayu manis).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kayu Manis

Nama lain kayu manis adalah Cinnamon sejati atau cinnamon Sri Langka. Spesies-spesies yang sejenis antara lain C. cassia (Cinamon china), C. tamala (Cinamon India) dan C. burmaini (Padang Cassia). Kayu manis pada umumnya dijadikan bahan bumbu masak dan campuran minuman teh yang berasal dari kulit batangnya.

Kayu manis adalah tanaman penghasil rempah-rempah. Rasanya manis pedas dengan aroma yang khas. Kayu manis berkhasiat mengobati radang sendiri, menghaluskan kulit dan mencegah perut kembung. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kayu manis :


Klasifikasi Tanaman Kayu Manis

Apa klasifikasi ilmiah kayu manis ?


Nama ilmiah kayu manis atau nama latin kayu manis adalah Cinnamomum verum J. Presl. Klasifikasi tumbuhan kayu manis adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Magnolianae
ORDO : Laurales
FAMILI : Lauraceae
GENUS : Cinnamomum Schaeff.
SPESIES : Cinnamomum verum J. Presl

Tabel : klasifikasi kayu manis


Morfologi Tanaman Kayu Manis

Apa ciri ciri morfologi kayu manis / ciri ciri tumbuhan kayu manis ?


Ciri khusus kayu manis / ciri khas kayu manis & struktur morfologi kayu manis yaitu :

Daun kayu manis berwarna keunguan ketika masih muda. Bunganya kecil, berwarna kuning, tumbuh pada malai. Buahnya berwarna hitam berbentuk meruncing dengan panjang sekitar 1,5 cm.

Tanaman ini dapat diperbanyak dengan stek, tetapi biasanya ditanam dari bijinya yang dikecambahkan dulu di pesemaian atau di kantong plastik. Bibit dipindahkan ke lapangan setelah berumur sekitar 6 bulan.

Tanaman ini banyak tumbuh alami di Sri Langka dan India Selatan dan ditanam secara komersial pada tanah-tanah berpasir putih di Sri Langka, Madagaskar dan Brazil. Tanaman kayu manis cocok sekali di tanam di daerah yang beriklim panas lembab seperti di daerah tropis dengan curah hujan 2000—2500 mm/th.

Dalam hal budidaya kayu manis, jarak antara tanaman yang dianjurkan adalah sektiar 2 – 2,5 meter. Batang dipotong setelah berumur 2 atau 3 tahun dan tunas-tunas yang tumbuh diperpanjang hingga tinggal enam tunas tiap batang. Panen dapat dimulai pada umur 4-5 tahun;batang (diameter 1,5-5 cm dan panjang 2-3 meter) dipotong dekat permukaan tanah pada musim hujan.

Cinnamon bebas dari gangguan hama dan penyakit. Penyiangan gulma sebaiknya dilakukan secukupnya hingga penutupan tajuk menjadi lengkap.

Panennya dapat dilakukan setiap dua atau tiga tahun sekali. Kulit batang dikupas dan lapisan gabus diiris-iris dan digulung menjadi bentuk seperti corong. Hasil terbaik dapat mencapai hingga 150 kg gulungan kering tiap hektar. Masa produksi yang paling baik biasanya tercapai pada umur 10 tahun.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kayu manis secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kayu manis ya teman ! Baca juga klasifikasi umbi uwi :)