KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI KEPIK HIJAU

Artikel kepik hijau ini akan menjelaskan ciri ciri kepik hijau lengkap beserta klasifikasi dan morfologi kepik hijau (klasifikasi dan deskripsi kepik hijau).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Kepik Hijau

Kepik hijau adalah hama yang sering menyerang polong dan biji menjadi mengempis dan busuk hingga berwarna hitam. Pada fase imago, kepik ini berwarna hijau polos, kepalanya berwarna hijau serna, prnotumnya berwarna kuning dengan tiga bitnik berwarna hijau.

Kepik hijau ini tersebar luas di daerah yang beriklim tropis dan sub-tropis. Di Indonesia, selain menyerang tanaman keledai, serangga ini juga menyerang tanaman padi, jagung, tembakau, kentang, cabe dan tanaman polong-polongan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kepik hijau :


Klasifikasi Hama Kepik Hijau

Apa klasifikasi ilmiah kepik hijau ?


Nama ilmiah kepik hijau atau nama latin kepik hijau adalah Nezara viridula. Klasifikasi ilmiah kepik hijau adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Animalia
SUB KINGDOM : Bilateria
INFRA KINGDOM : Protostomia
SUPER FILUM : Ecdysozoa
FILUM : Arthropoda
SUB FILUM : Hexapoda
KELAS : Insecta
SUB KELAS : Pterygota
INFRA KELAS : Neoptera
SUPER ORDO : Paraneoptera
ORDO : Hemiptera Linnaeus,
SUB ORDO : Heteroptera Latreille
INFRA ORDO : Pentatomomorpha
SUPER FAMILI : Pentatomoidea
FAMILI : Pentatomidae Leach
SUB FAMILI : Pentatominae Leach
SUKU : Pentatomini Leach
GENUS : Nezara Amyot and Serville
SPESIES : Nezara viridula

Tabel : klasifikasi kepik hijau


Morfologi Kepik Hijau

Apa ciri ciri morfologi kepik hijau ?


Berikut ini ciri-ciri khusus kepik hijau / ciri khas kepik hijau nezara viridula :

Serangga kepik hijau yang sudah dewasa biasanya berwarna hijau polos yang merata pada seluruh tubuhnya, tetapi terkadang ada juga yang berwarna kuning pada bagian kepala dan protorak. Tubuh kepik hijau menyerupai perisai, berbentuk segilima. Sedangkan saat fase nimfa (kepik muda), warna tubuhnya bermacam-macam tergantung perkembangan instarnya.

Kepik hijau betina yang dewasa bertelur pada permukaan bawah daun, untuk menghindari terpaan matahari dan terbawa angin, dan jumlahnya mencapai 1.000 butir selama hidupnya. Telur ini berwarna kekuning-kuningan, kemudian berubah menjadi dan ketika menetas berubah lagi menjadi merah bata.

Bentuk telur kepik hijau yaitu bulat oval seperti tong (drum). Periode telurnya sekitar 4 hingga 6 hari, dan perkembangan dari telur hingga menjadi serangga dewasa kurang lebih memakan waktu selama 4 – 8 minggu.

Cara pengendalian hama kepik hijau ini diantaranya adalah, menanam serempak tidak lebih dari 10 hari, menggilir tanaman yang bukan inangnya kepik hijau ini, mengumpulkan nimfa dan kepik dewasa untuk dimusnahkan, dan menjaga kebersihan lahan dari tanaman gulma. Penggunaan pestisida hanya merupakan alternatif terakhir apabila populasi hama kepik hijau sudah melampaui ambang batas ekonomi.


Itulah penjelasan klasifikasi dan morfologi kepik hijau secara singkat. Semoga menambah wawasan kamu dalam mengenal ciri-ciri kepik hijau ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi ubi kayu :)