KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI LABU PUTIH

Artikel tentang labu putih ini akan menjelaskan ciri ciri labu putih lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman labu putih (klasifikasi dan deskripsi labu putih).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Labu Putih

Buah muda yang masih hijau dapat direbus untuk dijadikan sayuran. Buah yang telah masak dapat dijadikan manisan. Bijinya digoreng dan dimakan sebagai kuaci. Daun muda dan kuncup bunga dimakan sebagai sayur rebus. Buahnya mengandung 90 % air, protein 0.4 %, lemak 0.1 %, karbohidrat 3. 2%, mineral 0.3%. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi labu putih :


Klasifikasi Tanaman Labu Putih

Apa klasifikasi ilmiah labu putih ?


Nama ilmiah labu putih atau nama latin labu putih adalah Benincasa hispida (Thunb.) Cogn. Klasifikasi tumbuhan labu putih adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Cucurbitales
FAMILI : Cucurbitaceae
GENUS : Benincasa Savi
SPESIES : Benincasa hispida (Thunb.) Cogn.

Tabel : klasifikasi labu putih


Morfologi Tanaman Labu Putih

Apa ciri ciri morfologi labu putih / ciri ciri tumbuhan labu putih ?


Ciri khusus labu putih / ciri khas labu putih & struktur morfologi labu putih yaitu :

Labu ini termasuk herba yang tumbuh merambat hingga beberapa meter panjangnya. Batangnya kuat, hijau muda, dengan bulu-bulu kasar di permukaannya; penampangnya berlekuk. Daunnya besar, tangkai daun 10 — 20 cm, helai daun (10 — 25 cm) x (10 — 20 cm) berlekuk 5 — 11 dan bergerigi.

Bunganya berkelamin tunggal, tumbuh sendiri-sendiri pada ketiak daun, berwarna kuning serta diameternya 6-12 cm.

Buahnya besar, berukuran ( 20 – 35 cm) x ( 15 – 20 ccm ), berbentuk bulat panjang. Ketika masih muda berbulu, berwarna hijau tua dengan lapisan lilin putih. Daging buahnya putih, rongga di dalamnya berisi jaringan spon tempatnya biji. Jumlah bijinya banyak, berbentuk pipih, halus, berwarna keputihan atau coklat pucat dengan ukuran (1 – 1.5 cm) x (0.5 – 0.7 cm).

Labu ini cocok untuk daerah yang mempunyai iklim agak kering seperti dataran rendah tropis, namun dapat juga tumbuh pada berbagai kondisi tanah.

Dalam hal budidaya labu putih, labu ini biasanya ditanam di pekarangan atau tegalan untuk konsumsi lokal. Biasanya tanah diolah menjadi guludan-guludan besar, atau dibuat liang tanam. Penyangga biasanya dibuaat berupa anjang-anjang bambu, atau labu dirambatkan pada pohon-pohon besar. Buah muda dapat dipanen mulai umur 4-5 bulan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan labu putih secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman labu putih ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman kacang kapri :)