KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI LEMPUYANG GAJAH

Artikel tentang lempuyang gajah ini akan menjelaskan ciri ciri lempuyang gajah lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman lempuyang gajah (klasifikasi dan deskripsi lempuyang gajah).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Lempuyang Gajah

Rhizome yang masih muda dapat dimakan sebagai sayur segar, sedangkan bubukan rhizoma yang sudah tua dapat dijadikan obat tradisional. Lempuyang gajah termasuk ke dalam kategori rempah-rempah dan mempunyai khasiat untuk menghangatkan tubuh. Biasanya digunakan sebagai bahan baku jamu tradisional.

Manfaat lempuyang gajah lainnya yaitu ekstrak rimpangnya berguna sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi lempuyang gajah :


Klasifikasi Tanaman Lempuyang Gajah

Apa klasifikasi ilmiah lempuyang gajah ?


Nama ilmiah lempuyang gajah atau nama latin lempuyang gajah adalah Zingiber zerumbet. Klasifikasi tumbuhan lempuyang gajah adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Zingiberales
FAMILI : Zingiberaceae
GENUS : Zingiber Mill.
SPESIES : Zingiber zerumbet (L.)

Tabel : klasifikasi lempuyang gajah


Morfologi Tanaman Lempuyang Gajah

Apa ciri ciri morfologi lempuyang gajah / ciri ciri tumbuhan lempuyang gajah ?


Ciri khusus lempuyang gajah / ciri khas lempuyang gajah & struktur morfologi lempuyang gajah yaitu :

Herba perenial ini dapat tumbuh hingga setinggi 1,5 meter. Ukuran rhizomanya besar-besar, berwarna coklat pucat di bagian luarnya, dan kuning di bagian dalam.

Lempuyang gajah berbau aromatik dan rasanya agak pahit. Tandan bunganya berbentuk bulat memanjang, dan ujungnya membulat.

Tanaman ini tumbuh di wilayah Asia dengan iklim tropis, pada umumnya tumbuh liar di hutan dataran tinggi dengan ketinggian hingga 1200 meter di atas permukaan laut. Sementara di Jawa,  tanaman ini sering ditanam di pekarangan rumah dan tempat-tempat lain yang basah.

Untuk budidaya tanaman, lempuyang ini dapat ditanam dari potongan rhizome / rimpang yang bermata tunas atau anakan muda. Pengolahan tanah dapat dilakukan dengan dibajak dan dicangkul hingga gembur, kemudian tanah digulud kecil-kecil dengan jarak 30 – 50 cm. Penggunakan pupuk kandang, penyiangan gulma, dan pembumbunan sangat diperlukan guna mempercepat pertumbuhan tanaman.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan lempuyang gajah secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman lempuyang gajah ya teman ! Baca juga struktur morfologi kencur :)