KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI LEMPUYANG PAHIT

Artikel tentang lempuyang pahit ini akan menjelaskan ciri ciri lempuyang pahit lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman lempuyang pahit (klasifikasi dan deskripsi lempuyang pahit).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Lempuyang Pahit

Tanaman yang masih muda biasanya digunakan sebagai penyedap beberapa masakan. Di Jawa Barat, rhizome yang muda muda dimasak sebagai sayuran. Sedangkan rhizome yang sudah tua digunakan untuk obat-obatan dan bahan baku kosmetik bagi ibu yang baru melahirkan.

Kandungan kimia lempuyang pahit terdiri atas minyak atsiri seperti Limonen dan Zerumbon. Khasiat lempuyang pahit hampir sama seperti lempuyang wangi yaitu dapat menambah naffsu makan, mengobati nyeri rematik, serta bisa memperlancar peredaran darah. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi lempuyang pahit :


Klasifikasi Tanaman Lempuyang Pahit

Apa klasifikasi ilmiah lempuyang pahit ?


Nama ilmiah lempuyang pahit atau nama latin lempuyang pahit adalah Zingiber Americanus. Klasifikasi tumbuhan lempuyang pahit adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Zingiberales
FAMILI : Zingiberaceae
GENUS : Zingiber Mill.
SPESIES : Zingiber Americanus

Tabel : klasifikasi lempuyang pahit


Morfologi Tanaman Lempuyang Pahit

Apa ciri ciri morfologi lempuyang pahit / ciri ciri tumbuhan lempuyang pahit ?


Ciri khusus lempuyang pahit / ciri khas lempuyang pahit & struktur morfologi lempuyang pahit yaitu :

Herba perenial ini tumbuhnya tidak terlalu besar, tingginya hanya mencapai ± 1 meter. Daunnya berbentuk mata lembing dengan ujung yang meruncing. Rimpangnya mempunyai bau yang sangat menyengat jika dihirup.

Ukuran rhizomanya kecil, keras, dan mudah dipotong; warnanya kuning, rasanya tajam dan sangat pahit. Tandan bunganya berbentuk elips dengan ujung membulat, tumbuh langsung dari rhizome dengan tangkai bunga yang agak pendek.

Tanaman ini tumbuh alami di Asia Tenggara dengan iklim tropis. Di Jawa, tanaman ini tumbuh liar dalam hutan-hutan jati maupun di dataran rendah dengan ketinggian hingga 600 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini sangat menyenangi tanah-tanah yang gembur, kaya humus, lembab dan ternaungi serta cenderung tidak tahan terhadap penggenangan.

Untuk budidaya tanaman, lempuyang ini ditanam dari potongan-potongan rhizome yang sudah bermata tunas. Biasanya ditanam di halaman pekarangan rumah dan tegalan. Hingga saat sekarang ini, tanaman lempuyang pahit belum dibudidayakan secara besar-besaran.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan lempuyang pahit secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman lempuyang pahit ya teman ! Baca juga morfologi lempuyang wangi :)