KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI LENGKUAS

Artikel tentang tanaman lengkuas ini akan menjelaskan ciri ciri lengkuas lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman lengkuas (klasifikasi dan deskripsi lengkuas).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Lengkuas

Lengkuas atau laos adalah tanaman umbi-umbian yang bisa hidup di dataran rendah atau pun dataran tinggi. Lengkuas biasa dimanfaatkan sebagai penyedap makanan atau ramuan tradisional. Ada dua jenis tanaman lengkuas yang kita kenal, yaitu lengkuas dengan rimpang umbi (akar) berwarna putih dan lengkuas dengan rimpang umbi berwarna merah.

Lengkuas rimpang umbi merah biasanya digunakan sebagai tanaman obat sedangkan lengkuas rimpang umbi putih dimanfaatkan sebagai penyedap masakan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi lengkuas :


Klasifikasi Tanaman Lengkuas

Apa klasifikasi ilmiah lengkuas ?


Nama ilmiah lengkuas atau nama latin lengkuas adalah Alpinia galangal. Klasifikasi tumbuhan lengkuas adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Zingiberales
FAMILI : Zingiberaceae
GENUS : Alpinia Roxb.
SPESIES : Alpinia galanga (L.) Willd.

Tabel : klasifikasi lengkuas


Morfologi Tanaman Lengkuas

Apa ciri ciri morfologi lengkuas / ciri ciri tumbuhan lengkuas ?


Ciri khusus lengkuas / ciri khas lengkuas & struktur morfologi lengkuas yaitu :

Morfologi Rimpang Lengkuas

Rimpang lengkuas besar dan tebal, berbentuk silindris, berdaging dengan diameter sekitar 2 – 4 cm. Bagian luar rimpang berwarna cokelat agak kemerahan atau kuning kehijauan, dan mempunyai sisik-sisik berwarna putih.

Morfologi Batang Lengkuas

Tanaman lengkuas merupakan tanaman terna berumur panjang dengan tinggi yang bisa mencapai 1 – 2 meter, bahkan 3,5 meter. Tanaman ini biasanya tumbuh di dalam rumpun yang rapat. Batang lengkuas tegak dan tersusun dari pelepah-pelepah daun yang bersatu membentuk batang semu dan berwarna hijau agak keputih-putihan. Batang muda lengkuas muncul sebagai tunas dari pangkal batang tua.

Morfologi Daun Lengkuas

Daun tanaman lengkuas adalah daun tunggal yang berwarna hijau. Daun ini mempunyai tangkai yang pendek dan susunan daunnya berselang-seling. Daun di bagian bawah dan atas biasanya lebih kecil dari pada bagian tengah. Bentuk daun lengkuas lanset memanjang, bagian ujung runcing dan pangkalnya menumpul, lalu bagian tepi daun merata.

Pertulangan daun menyirip. Panjang daun sekitar 20 – 60 cm dengan lebar sekitar 4 – 5 cm. Pelepah daun berukuran kurang lebih 15 – 30 cm, beralur dan berwarna hijau. Pelepah daun ini saling menutup membentuk batang semu.

Morfologi Bunga Lengkuas

Bunga lengkuas adalah bunga majemuk yang berbentuk menyerupai lonceng dan berwarna putih kehijauan atau putih kekuningan. Bunga yang beraroma harum ini terletak dalam tandan bergagang panjang dan ramping, yang terdapat di ujung batang.

Jumlah bunga di bagian bawah tandan lebih banyak dari pada di bagian atas, sehingga tandan terlihat seperti piramida memanjang. Panjang bibir bunga 2,5 cm, berwarna putih dan di tiap sisinya terdapat garis miring warna merah muda.

Morfologi Buah Lengkuas

Buah lengkuas adalah buah buni yang berbentuk bulat dan keras. Ketika masih muda, buah ini berwarna hijau kekuningan, lalu berubah menjadi hitam kecokelatan ketika sudah tua. Buah lengkuas berdiameter kurang dari 1 cm, bijinya kecil-kecil, berbentuk lonjong dan berwarna hitam.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan lengkuas secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman lengkuas ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi lamtoro :)