KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI MELINJO

Artikel tentang tanaman melinjo ini akan menjelaskan ciri ciri melinjo lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman melinjo (klasifikasi dan deskripsi melinjo).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Melinjo

Tanaman melinjo adalah tanaman berbiji terbuka atau Gymnospermae, yang sering ditanam di pekarangan rumah sebagai pohon peneduh atau pembatas. Tanaman yang dalam Bahasa Sunda disebut ‘Tangkil’ ini termasuk dalam anggota famili Gnetum dan berasal dari Asia Tropis dan daerah Pasifik.

Tanaman melinjo bisa tumbuh mencapai umur 100 tahun, dan biasa dimanfaatkan biji serta daunnya untuk dipanen. Tanaman ini bisa mencapai ketinggian 25 meter jika tidak dipangkas. Perbanyakan tanaman melinjo bisa dengan cara generatif atau menggunakan biji atau dengan cara vegetatif seperti cangkok, okulasi, serta stek. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi melinjo :


Klasifikasi Tanaman Melinjo

Apa klasifikasi ilmiah melinjo ?


Nama ilmiah melinjo atau nama latin melinjo adalah OOO. Klasifikasi tumbuhan melinjo adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Gnetopsida
SUB KELAS : Gnetidae
ORDO : Ephedrales
FAMILI : Gnetaceae
GENUS : Gnetum L.
SPESIES : Gnetum gnemon L.

Tabel : klasifikasi melinjo


Morfologi Tanaman Melinjo

Apa ciri ciri morfologi melinjo / ciri ciri tumbuhan melinjo ?


Ciri khusus melinjo / ciri khas melinjo & struktur morfologi melinjo yaitu :

Morfologi Akar Melinjo

Perakaran pada tanaman melinjo adalah perakaran tunggang.

Morfologi Batang Melinjo

Tanaman melinjo berupa tanaman pohon yang bisa tumbuh mencapai tinggi 15 meter. Batang melinjo berbentuk bulat dengan permukaan batangnya rata. Sistem percabangannya monopodial, yaitu batang pokok terlihat jelas, lebih besar dan lebih panjang pertumbuhannya dari pada cabang. Batang melinjo ini kokoh dan kuat sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

Morfologi Daun Melinjo

Daun melinjo adalah daun tunggal yang berbentuk bulat oval dan terdiri tangkai daun dan helaian daun. Tepi daunnya merata, duduk daun berhadap-hadapan dan tulang daun menyirip. Jika daun melinjo ini disobek, akan menampakan serabut daun yang jelas.

Morfologi Bunga Melinjo

Bunga tanaman melinjo adalah bunga tidak sempurna yang berumah dua dan muncul di ketiak daun. Bunga jantan terdiri dari beanng sari, sedangkan bunga betina terletak dalam karangan bulir. Tanaman melinjo tidak memproduksi bunga dan buah sejati, yang sering dianggap sebagai buah pada tanaman ini sebenarnya adalah biji yang terbungkus oleh kulit luar yang berdaging.

Morfologi Biji Melinjo

Tanaman melinjo merupakan tanaman biji terbuka (Gymnospermae). Biji melinjo diselimuti oleh selaput luar yang keras, selaput dalam dan diselubungi juga oleh tenda bunga yang berdaging. Pada akhirnya, biji melindo ini akan berwarna merah jika telah matang. Tanaman melinjo adalah tanaman tahunan berbiji terbuka, biji tidak terbungkus oleh daging, melainkan diselimuti oleh kulit luar.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan melinjo secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman melinjo ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi matoa :)