KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI MENGKUDU

Artikel tentang tanaman mengkudu ini akan menjelaskan ciri ciri mengkudu lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman mengkudu (klasifikasi dan deskripsi mengkudu).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Mengkudu

Mengkudu adalah tanaman tropis yang berasal dari Indonesia. Tanaman yang di Jawa Barat dikenal dengan nama “cangkudu” ini berguna sebagai tanaman obat, karena mulai dari buah, daun ataupun akarnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat. Tanaman mengkudu ini tersebar luas di Indonesia, terutama di dataran rendah sampai ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Tanaman mengkudu ini sering ditanam di pekarangan rumah atau kebun-kebun kopi sebagai pohon pelindung. Perbanyakan tanaman ini baisanya menggunakan cara generatif, yaitu dengan biji yang disemai terlebih dahulu. Tanaman mengkudu tumbuh dengan cepat dan bisa menghasilkan buah setelah berumur 3 – 4 tahun.Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi mengkudu :


Klasifikasi Tanaman Mengkudu

Apa klasifikasi ilmiah mengkudu ?


Nama ilmiah mengkudu atau nama latin mengkudu adalah Morinda citrifolia. Klasifikasi tumbuhan mengkudu adalah sebagai berikut :

INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Gentianales
FAMILI : Rubiaceae
GENUS : Morinda L.
SPESIES : Morinda citrifolia L.

Tabel : klasifikasi mengkudu


Morfologi Tanaman mengkudu

Apa ciri ciri morfologi mengkudu / ciri ciri tumbuhan mengkudu ?


Ciri khusus mengkudu / ciri khas mengkudu & struktur morfologi mengkudu yaitu :

Morfologi Pohon Mengkudu

Tanaman mengkudu adalah tanaman berupa pohon yang tidak begitu besar, tingginya bisa mencapai 4 – 6 meter. Batang mengkudu ini bengkok-bengkok, kasar dan dahannya kaku. Perakaran tanaman mengkudu adalah akar tunggang yang menancap kuat ke dalam.

Kulit batang mengkudu berwarna cokelat keabu-abuan atau kekuning-kuningan, berbelah dangkal, anak cabangnya berbentuk segi empat dan tidak berbulu. Kayu mengkudu mudah dibelah setelah dikeringkan, biasanya sering digunakan sebagai penopang tanaman lada.

Morfologi Daun Mengkudu

Daun mengkudu tebal dan mengkilap, dan pola letaknya berhadap-hadapan. Daunnya merupakan daun tunggal dan berukuran besar-besar. Bentuk daun ini yaitu jorong-lanset dengan panjang sekitar 15 – 50 cm dan lebar 5 – 17 cm. Bagian tepi daun mengkudu merata dan ujungnya lancip pendek. Pangkal daun berukuran pendek, yaitu sekitar 0,5 – 2 cm. Daun mengkudu ini bisa dimakan sebaga sayuran.

Morfologi Bunga Mengkudu

Bunga mengkudu adalah bunga majemuk dan hermaprodit dengan perbungaan bertipe bongkol bulat dan bertangkai dengan panjang 1 – 4 cm. Bunga ini tumbuh di ketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun normal. Mahkota bunganya berwarna putih, berbentuk menyerupai corong dan panjangnya bisa mencapai 1,5 cm. benang sari tertancap di mulut mahkota dan kepala putik berputing dua.

Morfologi Buah Mengkudu

Buah mengkudu adalah buah majemuk, berwarna hijau dan menjadi putih kekuningan ketika masak. Daging buah mengkudu bertekstur lunak dan berwarna putih. Di bagian permukaan luar, terdapat bintik-bintik atau totol-totol hitam yang banyak. Daging buah mengkudu mengandung air dan aromanya tidak enak, hal ini disebabkan karena pencampuran antara asam kaprat, asam kaproat, dan asam kaprilat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan mengkudu secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman mengkudu ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi melati :)