KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI MENIRAN

Artikel tentang tanaman meniran ini akan menjelaskan ciri ciri meniran lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman meniran (klasifikasi dan deskripsi meniran).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Meniran

Meniran adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman ini dipercaya bisa digunakan untuk mengobati sakit kuning, malaria, demam, ayan, batuk, disentri, radang dan batu ginjal, hepatitis serta rematik. Tetapi, pemakaian dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan gangguan ereksi dan gagal ginjal.

Tanaman meniran adalah herba kecil yang dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, terutama di lingkungan yang lembab. Tanaman ini biasa tumbuh di tepi parit, kebun dan ladang. Beberapa orang menganggap meniran sebagai tanaman gulma dan banyak yang tidak mengetahui manfaatnya sebagai obat. Di Filipina, ekstrak meniran digunakan untuk racun ikan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi meniran :


Klasifikasi Tanaman Meniran

Apa klasifikasi ilmiah meniran ?


Nama ilmiah meniran atau nama latin meniran adalah Phyllanthus urinaria. Klasifikasi tumbuhan meniran adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malpighiales
FAMILI : Phyllanthaceae
GENUS : Phyllanthus L.
SPESIES : Phyllanthus urinaria L.

Tabel : klasifikasi meniran


Morfologi Tanaman Meniran

Apa ciri ciri morfologi meniran / ciri ciri tumbuhan meniran ?


Ciri khusus meniran / ciri khas meniran & struktur morfologi meniran yaitu :

Morfologi Akar & Batang Meniran

Sistem perakaran tanaman meniran adalah akar tunggang dan berwarna putih. Tanaman meniran mempunyai batang yang berbentuk bundar dan berwarna hijau. Batang meniran ini basah, tingginya tidak lebih dari 50 cm dan diameternya kurang lebih 3 mm. Batang meniran ini liat, massif, tidak memiliki bulu, licin dan sering sangat bercabang dengan tangkai dan cabang-cabang berwarna hijau keunguan.

Morfologi Daun Meniran

Daun meniran adalah daun majemuk yang tata letaknya berselang seling. Bentuk daun ini yaitu bulat oval, ujung daunnya tumpul, pangkal daun membulat dan bagian tepi daunnya merata. Daun meniran memiliki anak daun 15 – 24 dan berwarna hijau, serta panjang daun sekitar 1,5 cm dengan lebar 7 mm. Daun meniran termasuk ke dalam golongan daun tidak lengkap pada yaitu pada bagian daun bertangkai, karena tanaman ini hanya mempunyai tangkai dan beberapa helaian daun.

Morfologi Bunga, Buah dan Biji Meniran

Bunga meniran mempunyai bunga tunggal yang terletak di ketiak daun yang menghadap ke arah bawah, menggantung dan berwarna putih. Bunga meniran memiliki daun kelopak yang berbentuk menyerupai bintang. Benang sari dan putiknya tidak terlihat jelas, mahkota bunga berukuran kecil dan berwarna putih.

Tanaman meniran mempunyai buah yang bentuknya kotak, bulat pipih dan licin. Diameter buah ini kira-kira 2 mm dan berwarna hijau keunguan. Tanaman ini mempunyai biji yang kecil, keras dan berbentuk seperti ginjal serta berwarna cokelat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan meniran secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman meniran ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi tanaman mengkudu :)