KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI MIMBA

Artikel tentang tumbuhan mimba ini akan menjelaskan ciri ciri mimba lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman mimba (klasifikasi dan deskripsi mimba).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Mimba

Mimba adalah tanaman perdu / terna yang pertama kali ditemukan di daerah India. Masuknya tanaman mimba ke Indonesia pertama kali diperkirakan sudah terjadi sejak tahun 1.500 dengan daerah penanaman utama terdapat di pulau Jawa. Tanaman ini tumbuh di daerah beriklim tropis pada dataran rendah, sering ditemukan di tepi jalan atau di hutan terang.

Mimba merupakan salah satu tumbuhan penghasil bahan baku pestisida yang mempunyai potensi baik untuk dikembangkan lebih lanjut. Kandungan daun mimba sebagai pestisida seperti azadirachtin, salannin, nimbinen, dan meliantriol. Tanaman mimba saat ini dapat kita jumpai di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lombok, dan Sumbawa. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi mimba :


Klasifikasi Tanaman Mimba

Apa klasifikasi ilmiah mimba ?


Nama ilmiah mimba atau nama latin mimba adalah Azadirachta indica A. Juss.. Klasifikasi tumbuhan mimba adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Sapindales
FAMILI : Meliaceae
GENUS : Azadirachta A. Juss.
SPESIES : Azadirachta indica A. Juss.

Tabel : klasifikasi mimba


Morfologi Tanaman Mimba

Apa ciri ciri morfologi mimba / ciri ciri tumbuhan mimba ?


Ciri khusus mimba / ciri khas mimba & struktur morfologi mimba yaitu :

Morfologi Batang Mimba

Tanaman nimba adalah tanaman berjenis pohon yang tinggi batangnya bisa mencapai ketinggian 20 meter. Kulit batang nimba tebal, dan agak kasar. Batang tanaman mimba agak bengkok dan pendek, oleh karena itu kayunya tidak terdapat dalam ukuran besar.

Morfologi Daun Mimba

Daun mimba menyirip genap dan berbentuk lonjong. Tepi daunnya bergerigi dan runcing. Daun mimba tersusun secara spiralis, mengumpul di ujung rantai. Anak daun berjumlah genap dan terdapat di ujung tangkai dengan jumlah helaian sekitar 8 – 16 helai. Bagian tepi daunnya bergerigi, bergigi, dan beringgit. Tulang daun menyirip, tulang cabang utama umumnya hampir sejajar satu dengan lainnya.

Helaian daun nimba tipis seperti kulit dan mudah layu. Bangun anak daunnya memanjang sampai setengah lancet dan ujungnya meruncing, setengah meruncing, gandul atau sedikit berambut. Panjang anak daun ini sekitar 3 – 10.5 cm. Helaian daun nimba tipis dan mudah layu. Helaian anak daun berwarna coklat kehijauan, panjang helaian daun 5 cm, dengan lebar 3 cm sampai 4 cm.

Morfologi Buah Mimba

Buah nimba merupakan buah batu dengan panjang sekitar 1 cm. Buah yang berbentuk ini bisa dihasilkan dalam satu sampai dua tahun sekali, dan jika sudah matang, daging buah nimba berwarna kuning. Biji buah nimba ditutupi kulit keras yang berwarna cokelat dan di dalamnya melekat kulit buah yang berwarna putih. Biji berbentuk bulat dan berdiameter sekitar 1 cm, berwarna putih.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan mimba secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman mimba ya teman ! Baca juga klasifikasi dan deskripsi meniran :)