KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI NERIUM OLEANDER

Artikel tentang bunga jepun nerium oleander ini akan menjelaskan ciri ciri nerium oleander lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman nerium oleander (klasifikasi dan deskripsi nerium oleander).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Nerium Oleander

Tanaman nerium oleander termasuk salah satu tipe tanaman yang beracun bagi manusia dan hewan, dan bahkan dapat menyebabkan kematian, terutama pada anak kecil. Seluruh bagian tanaman Nerium oleander ini beracun, mulai dari daun, bunga, dahan, tangkai, biji buah, hingga getah batang.

Zat yang menyebabkan keracunan pada tanaman ini adalah oleandrin dan nerine yang termasuk golongan cardiac glycoside. Zat ini menyebabkan detak jantung melambat dan gagal jantung. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi nerium oleander :


Klasifikasi Nerium Oleander

Apa klasifikasi ilmiah nerium oleander ?


Nama latn nerium oleander adalah bunga jepun atau bunga mentega. Klasifikasi tumbuhan nerium oleander adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Gentianales
FAMILI : Apocynaceae
GENUS : Nerium L.
SPESIES : Nerium oleander L.

Tabel : klasifikasi nerium oleander (bunga jepun)


Morfologi Nerium Oleander

Apa ciri ciri morfologi nerium oleander / ciri ciri tumbuhan nerium oleander ?


Ciri khusus nerium oleander / ciri khas nerium oleander & struktur morfologi nerium oleander yaitu :

Tanaman nerium oleander adalah tanaman pohon semak belukar yang bisa tumbuh optimal di daerah beriklim subtropis dan biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Bahkan, Nerium oleander mampu untuk tumbuh pada suhu -10oC dan lingkungan yang dingin. Tanaman ini adalah tanaman asli dari Afrika Utara, Mediterania Timur dan Asia Utara.

Morfologi Batang Nerium Oleander

Tanaman Nerium oleander adalah tipe tanaman pohon semak dari famili Apochynaceae. Tanaman Nerium oleander ini bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 3 sampai 7 meter. Percabangan Nerium oleander tumbuh tegak lurus dan rantingnya tebal serta berwarna hijau. Batang tanaman Nerium oleander berkayu dan keras.

Morfologi Daun Nerium Oleander

Tanaman Nerium oleander mempunyai daun yang tajam dan keras. Daun pokok Nerium oleander tersusun dalam pusaran dan letaknya berpasang-pasangan. Daun ini berwarna hijau gelap dengan panjang sekitar 5 sampai 21 cm dan lebar kira kira 1 sampai 3,5 cm. Bentuk daun Nerium oleander ini seperti garis dan garis tepi daun bertepi rata. Nerium oleander ini berdaun muda pada tangkai, dan saat musim gugur tidak mengubah warna daun.

Morfologi Bunga Nerium Oleander

Tanaman Nerium oleander memiliki bunga yang berkembang dalam seikat yang mengelilingi mahkota bunga pusat. Bunga ini terletak di ujung cabang dan mempunyai diameter sekitar 2,5 sampai 5 cm. bunga Nerium oleander bermacam macam, mulai dari bunga yang berwarna putih atau kelabu, merah keunguan dan kuning kemerahan.

Morfologi Buah Nerium Oleander

Tanaman Nerium oleander memiliki buah yang memanjang dan berbentuk seperti kapsul. Panjang buah Nerium oleander ini sekitar 5 sampai 23 cm dan ketika sudah dewasa, buah akan merobek untuk melepaskan banyak benih halus. Kulit buah Nerium oleander keras dan kering.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan nerium oleander secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman nerium oleander ya teman ! Baca juga klasifikasi dan deskripsi melinjo :)