KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI NILAM

Artikel tentang tanaman daun nilam ini akan menjelaskan ciri ciri nilam lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman nilam (klasifikasi dan deskripsi nilam).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Nilam

Tanaman nilam adalah tanaman berjenis semak yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan dikenal sebagai penghasil minyak serupa minyak atsiri (minyak nilam). Aroma minyak nilam ‘berat’ dan telah dikenal berabad-abad digunakan sebagai wangi-wangian. Nilai jual minyak nilam ini lebih tinggi dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi nilam :


Klasifikasi Tanaman Nilam

Apa klasifikasi ilmiah nilam ?


Nama ilmiah nilam atau nama latin nilam adalah Pogostemon cablin Benth. Klasifikasi tumbuhan nilam adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Lamiaceae
GENUS : Pogostemon Desf.
SPESIES : Pogostemon cablin (Blanco) Benth.

Tabel : klasifikasi nilam


Morfologi Tanaman Nilam

Apa ciri ciri morfologi nilam / ciri ciri tumbuhan nilam ?


Ciri khusus nilam / ciri khas nilam & struktur morfologi nilam yaitu :

Tanaman nilam adalah tanaman berupa semak yang tingginya bisa mencapai satu meter. Tanaman menyukai suasana yang teduh, hangat, dan lembap. Nilam sering kali mudah layu jika terkena sinar matahari langsung atau kekurangan air. Bunganya menyebarkan bau wangi yang kuat. Bijinya kecil. Perbanyakan nilam biasanya dilakukan secara vegetatif.

Indonesia merupakan pemasok nilam terbesar di pasaran internasional dengan kontribusi mencapai 90%. Sebagian besar produk minyak nilam yang diekspor ini dipergunakan dalam industri parfum, kosmetik, dan insektisida.

Morfologi Akar Nilam

Perakaran tanaman nilam adalah akar serabut yang wangi dan tumbuhnya menjalar di dalam tanah. Akar-akar sekunder tanaman nilam yang sudah dewasa menyebar sekitar 20 – 30 cm di bawah permukaan tanah. Tanaman nilam yang berasal dari perbanyakan vegetatif (stek) biasanya memiliki akar serabut yang lebih kuat sehingg tanaman dapat berdiri tegak dan kuat.

Morfologi Batang Nilam

Batang tanaman nilam adalah batang berkayu yang panjangnya kira-kira 20 – 40 cm dengan diameter sekitar 10 hingga 20 mm. Sistem percabangan tanaman nilam bertingkat mengelilingi batang, biasanya 3 sampai 5 cabang per tingkat dan cabang berjumlah banyak. Tinggi tanaman nilam bisa mencapai 1 meter dengan radius cabang selebar kurang lebih 60 cm jika tanaman sudah berumur 6 bulan.

Morfologi Daun Nilam

Daun tanaman nilam berbentuk bulat oval hingga bulat panjang (lonjong) dan menyerupai jantung. Ukuran daun ini yaitu sekitar 5 sampai 10 cm. Daun yang berwarna hijau ini tipis dan tidak kaku. Pada permukaan daun bagian atas terdapat bulu-bulu dan kasar. Letak duduk daun saling berhadap-hadapan, bagian ujung daun tumpul dan urat daun menonjol keluar. Sebagian besar daun yang melekat pada ranting hampir selalu berpasangan satu sama lain.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan nilam secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman nilam ya teman ! Baca juga morfologi dan fisiologi buah naga :)