KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI NIPAH

Artikel tentang tumbuhan nipah ini akan menjelaskan ciri ciri nipah lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman nipah (klasifikasi dan deskripsi nipah).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Nipah

Nipah adalah tumbuhan jenis palem-paleman yang biasanya tumbuh di hutan bakau Mangrove atau di tepi pantai. Manfaat nipah ada banyak sekali seperti daunnya yang sudah tua dapat dijadikan atap rumah yang mampu bertahan sampai 5 tahun. Daun mudanya dapat dibuat janur penghias pengantin, dianyam untuk dibuat kerajinan tangan seperti tikar, tas dsb.

Sedangkan manfaat tangkai daun dan pelepah nipah bisa dibuat kayu bakar dan bahan baku pembuatan kertas. Lidinya bisa dijadikan tali, anyaman, dan sapu. Niranya rasanya manis dan dapat langsung disadap dan dikeringkan untuk membuat gula. Gula nipah biasa dikenal dengan istilah palm sugar. Bahkan, jika niranya diperam dalam jangka waktu lama (difermentasi) maka nira tersebut akan menjadi minuman tuak yang memabukkan serta bisa dijadikan bahan bakar nabati karena mengandung banyak etanol.

Tangkai bunganya ditapis dan cairan yang keluar dipakai untuk membuat minuman, atau alkohol. Buah dan umbi nipah yang masih mudah juga dapat dimakan langsung. Sedangkan buah yang tua apabila ditumbuk akan menjadi tepung. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi nipah :


Klasifikasi Tanaman Nipah

Apa klasifikasi ilmiah nipah ?


Nama ilmiah nipah atau nama latin nipah adalah Nypa fruticans. Klasifikasi tumbuhan nipah adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Arecales
FAMILI : Arecaceae
GENUS : Nypa Steck
SPESIES : Nypa fruticans Wurmb

Tabel : klasifikasi nipah


Morfologi Tanaman Nipah

Apa ciri ciri morfologi nipah / ciri ciri tumbuhan nipah ?


Ciri khusus nipah / ciri khas nipah & struktur morfologi nipah yaitu :

Nipah mempunyai batang bawah tanah yang menjalar, tebalnya ± nya hingga 60 cm, menumbuhkan daun-daun setinggi 7 meter. Bunga jantan dan betina dihasilkan oleh tanaman; tangkai bunga dapat mencapai panjang 1 meter ; bunga-bunganya berwarna orange.

Batang pohon nipah membentuk rimpang dan menjalar di tanah yang terendam di dalam lumpur. Pohon nipah berakar serabut yang panjangnya dapat mencapai hingga 15 meter dan terkadang akar tersebut hanyut dibawa arus air. Tanaman ini biasanya tumbuh liar, jarang yang dibudidayakan serta dapat tumbuh dari bijinya.

Nipah tumbuh baik di daerah rawa-rawa/paya-paya, di tanah berliat yang kaya bahan organik serta di daerah tropis basah dengan curah hujan tahunan lebih dari 1500 mm. Nipah umumnya bebas dari gangguan hama dan penyakit.

Untuk pemanenannya, daun dewasa dipotong, dikeringkan. dan anak-anak daunnya dianyam. Tanaman umur 5 tahun ditapis tiap hari selama periode 2-3 bulan. Tanaman dapat menghasilkan 3000 kg gula tiap hektar. Buah nipahnya juga dapat dipanen untuk dimakan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan nipah secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman nipah ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman sorgum :)