KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI PALEM EKOR TUPAI

Artikel tentang tanaman palem ekor tupai ini akan menjelaskan ciri ciri palem ekor tupai lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman palem ekor tupai (klasifikasi dan deskripsi palem ekor tupai).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Palem Ekor Tupai

Tanaman palem ekor tupai adalah tanaman yang habitatnya berada di daerah hutan yang lebat dengan curah hujan cukup. Tanaman palem ekor tupai ini sering digunakan sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang unik dan menarik. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi palem ekor tupai :


Klasifikasi Palem Ekor Tupai

Apa klasifikasi ilmiah palem ekor tupai ?


Nama ilmiah palem ekor tupai atau nama latin palem ekor tupai adalah Wodyetia bifurcata. Klasifikasi tumbuhan palem ekor tupai adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Filum : Tracheophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Arecales
Famili : Palmae
Genus : Wodyetia
Spesies : Wodyetia bifurcata

Tabel : klasifikasi palem ekor tupai


Morfologi Tanaman Palem Ekor Tupai

Apa ciri ciri pohon palem ekor tupai / ciri ciri tumbuhan palem ekor tupai ?


Ciri khusus palem ekor tupai / ciri khas palem ekor tupai & struktur morfologi palem ekor tupai yaitu :

Morfologi Akar Palem Ekor Tupai

Tanaman palem ekor tupai mempunyai sistem perakaram serabut. Tanaman ini tidak memiliki akar tunggang, karena akar yang muncul dari pangkal batang jumlahnya banyak dan terus bertambah. Sistem perakaran palem ekor tupai ini sangat rapat sehingga bisa menopang dirinya.

Morfologi Batang Palem Ekor Tupai

Tanaman palem ekor tupai memiliki batang pohon tunggal yang berdiri tegak lurus. Palem ekor tupai umumnya hidup secara individu dan tidak bertunas menyamping. Tanaman palem ekor tupai ini tumbuh mencapi tinggi antara 15 sampai 20 meter. Bagian bawah batang palem ini membesar, lalu di bagian atasnya ramping. Batang palem ekor tupai berwarna kelabu dan beruas ruas.

Morfologi Daun Palem Ekor Tupai

Tanaman palem ekor tupai mempunyai daun yang unik, yaitu anak daun yang sempit dan tumbuh mengitari ibu tangkai daun sehingga terlihat seperti ekor tupai. Ukuran daun palem ini bisa mencapai 3 meter (termasuk pelepahnya).

Anak daun palem ekor tupai mengelilingi tangkai daun secara memutar. Warna daun bagian atasnya adalah hijau tua dan bagian bawahnya berwarna hijau keputih-putihan.

Morfologi Bunga Palem Ekor Tupai

Tanaman palem ekor tupai memiliki bunga yang terletak di bawah tajuk daun dan biasanya, ketika muda, tandan bunga terbungkus oleh dua daun penumpu. Tanaman ini menghasilkan bunga jantan dan bunga betina pada tangkai bunga yang berbeda.

Tanaman palem ekor tupai mempunyai buah yang berukuran relatif besar dengan diameter sekitar 4 cm. Tandan buah palem ekor tupai menggantung ke bawah. Warna buah palem ekor tupai yang masih muda berwarna merah kecoklatan, dan warna buah yang masak berangsur-angsur berubah warna menjadi merah terang.

Bagian buah palem ini terdiri dari serat penutup, tempurung dan endosperma. Biji bisa dihasilkan dari palem yang sudah berumur lebih dari lima tahun.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan palem ekor tupai secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman palem ekor tupai ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi pala :)