KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI POHON BERINGIN

Artikel tentang pohon beringin ini akan menjelaskan ciri ciri pohon beringin lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman pohon beringin (klasifikasi dan deskripsi pohon beringin).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Pohon Beringin

Tanaman beringin (Ficus benjamina) sering dikenal sebagai tanaman pekarangan dan tanaman hias dalam pot. Tanaman yang dalam Bahasa Inggris bernama “Weeping fig” atau “Benjamin’s fig” ini adalah tanaman asli dari daerah Asia dan Australia. Selain digunakan sebagai tanaman hias dalam pot atau pohon peneduh, tanaman beringin juga mempunyai khasiat untuk mengatasi berbagai macam-macam penyakit, seperti demam tinggi, rematik, disentri dan lainnya.

Dengan banyak kegunaan dari pohon beringin, tidak ada salahnya kita lebih mengenal lagi tanaman yang sering dianggap pohon mistis ini. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi pohon beringin :


Klasifikasi Tanaman Beringin

Apa klasifikasi ilmiah pohon beringin ?


Nama ilmiah pohon beringin atau nama latin pohon beringin adalah Ficus benjamina. Klasifikasi tumbuhan pohon beringin adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Rosales
FAMILI : Moraceae
GENUS : Ficus L.
SPESIES : Ficus benjamina L.

Tabel : klasifikasi pohon beringin


Morfologi Tanaman Pohon Beringin

Apa ciri ciri morfologi pohon beringin / ciri ciri tumbuhan pohon beringin ?


Ciri khusus pohon beringin / ciri khas pohon beringin & struktur morfologi pohon beringin yaitu :

Morfologi Akar & Batang Pohon Beringin

Tanaman beringin adalah tanaman jenis pohon, berakar tunggang, dan bisa tumbuh tinggi menjulang hingga ketinggian kira-kira 20 – 25 cm. Batang beringin berbentuk bulat dan tegak, permukaannya kasar, percabangannya simpodial dan berwarna cokelat kehitaman. Keunikan dari pohon beringin adalah, pada bagian batang akan tumbuh akar gantung yang berwarna kecokelatan yang berfungsi untuk respirasi.  Akar ini tumbuh menggantung dari batang ke arah tanah, dan ketika akar sudah masuk ke dalam tanah, akar ini akan berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi.

Morfologi Daun Pohon Beringin

Daun beringin berbentuk jorong (ovalis), dengan pangkal daun berbentuk tumpul dan bagian tepi daun yang merata dan halus. Pertemuan kedua sisi tepi daun beringin lebih tinggi/panjang sehingga ujung daun terlihat sempit, panjang dan runcing. Daging daun beringin bersifat perkamen, yaitu tipis tetapi cukup kaku. Susunan pertulangan daun beringin yaitu menyirip dengan tulang paling besar atau ibu tulang berada di tengah, lalu ibu tulang kemudian membentuk tulang-tulang cabang. Warna daun beringin ini hijau tua.

Morfologi Bunga Beringin

Bunga pohon beringin adalah bunga tunggal dan muncul di ketiak daun. Bentuk tangkai bunga beringin yaitu silindris dan kelopaknya berbentuk menyerupai corong dan berwarna hijau. Benang sari dan putiknya halus dan berwarna kuning. Bentuk mahkota bunga bulat, halus dan berwarna kuning kehijauan.

Buah tanaman beringin adalah buah buni, berbentuk bulat dengan ukuran panjang kira-kira 0,5 – 1 cm. Ketika masih muda, buah beringin berwarna hijau lalu berubah menjadi merah setelah tua. Bijinya berbentuk bulat, keras dan berwarna putih.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan pohon beringin secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman pohon beringin ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi begonia :)