KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI POHON EBONI

Artikel tentang pohon eboni ini akan menjelaskan ciri ciri pohon eboni lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman eboni (klasifikasi dan deskripsi eboni).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Eboni

Eboni sebenarnya merupakan salah satu marga dari suku eboni-ebonian. Marga eboni ini mencakup banyak jenis yang mempunyai nilai komersial, baik untuk buahnya yang dapat dimakan (kesemek atau bisbul) ataupun kayunya yang berkualitas tinggi (kayu hitam sulawesi). Tetapi di Indonesia, kata “eboni” biasanya merujuk pada tanaman kayu hitam Sulawesi.

Nama ilmiahnya adalah Diospyros celebica, adalah tanaman sejenis pohon penghasil kayu mahal dari suku eboni-ebonian (Ebenaceae). Tanaman yang mempunyai nama lain “Eboni Makassar” ini adalah tanaman asli dari Sulawesi yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi eboni :


Klasifikasi Tanaman Eboni

Apa klasifikasi ilmiah eboni ?


Nama ilmiah eboni atau nama latin eboni adalah Diospyros celebica. Klasifikasi tumbuhan ebonia dalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Ericales
FAMILI : Ebenaceae
GENUS : Ericales
SPESIES : Diospyros celebica

Tabel : klasifikasi eboni


Morfologi Tanaman Eboni

Apa ciri ciri morfologi eboni / ciri ciri tumbuhan eboni ?


Ciri khusus eboni / ciri khas eboni & struktur morfologi eboni yaitu :

Pohon ini menghasilkan kayu dengan kualitas sangat baik, dan sering digunakan untuk membuat mebel mahal, ukiran-ukiran, alat musik dan patung. Tetapi, karena laju pertumbuhannya yang sangat lambat, saat ini populasi pohon eboni dengan umur di atas 50 tahunan sudah sangat jarang ditemui dan terancam kepunahan.

Morfologi Batang Eboni

Tanaman eboni adalah tanaman pohon yang tumbuh tegak lurus ke atas dengan tinggi bisa mencapai 40 cm. Diameter batang bagian bawahnya bisa mencapai 1 meter. Kulit batang eboni beralur, mengelupas kecil-kecil dan berwarna cokelat hitam. Pepagan atau lapisan terluar batangnya berwarna cokelat muda dan di bagian dalamnya berwarna putih kekuning-kuningan.

Batang atau kayu eboni mempunyai corak seperti kue lapis dengan warna hitam dan kuning. Batang bawahnya dapat mencapai garis tengah hingga 1 meter dan sering dilengkapi dengan akar papan (banir) yang besar.

Morfologi Daun Eboni

Daun tanaman eboni adalah daun tunggal yang letaknya tersusun berselang seling. Daun ini berbentuk jorong memanjang dengan bagian ujungnya meruncing dan bagian permukaan atasnya mengkilap seperti kulit, berwarna hijau tua. Permukaan bawah daunnya berbulu dan berwarna hijau abu-abu.

Morfologi Bunga Eboni

Bunga tanaman eboni mengelompok di ketiak daun dan berwarna putih. Buah tanaman eboni berbentuk bulat oval, mempunyai bulu dan berwarna merah kuning sampai cokelat jika sudah tua. Daging buahnya yang berwarna keputihan sering dimakan monyet bajing atau kelelawar yang bertindak sebagai agen pemencar biji. Biji tanaman eboni berbentuk seperti baji yang memanjang dan berwarna cokelat kehitaman.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan eboni secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman eboni ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi tanaman delima :)