KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI POHON GAHARU

Artikel tentang pohon gaharu ini akan menjelaskan ciri ciri gaharu lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman gaharu (klasifikasi dan deskripsi gaharu).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Gaharu

Tanaman gaharu adalah tanaman hutan bukan kayu yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan parfum dan kosmetika, atau bahan obat-obatan herbal. Indonesia termasuk negara produsen gaharu terbesar di dunia. Tanaman gaharu ini bisa tumbuh subur di ketinggian 0 sampai 1.200 meter di atas permukaan laut. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi gaharu :


Klasifikasi Tanaman Gaharu

Apa klasifikasi ilmiah gaharu ?


Nama ilmiah gaharu atau nama latin gaharu adalah Aquilaria malaccensis. Klasifikasi tumbuhan gaharu adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malvales
FAMILI : Malvaceae
GENUS : Aquilaria Lam.
SPESIES : Aquilaria malaccensis Lam.

Tabel : klasifikasi gaharu


Morfologi Tanaman Gaharu

Apa ciri ciri morfologi gaharu / ciri ciri tumbuhan gaharu ?


Ciri khusus gaharu / ciri khas gaharu & struktur morfologi gaharu yaitu :

Morfologi Batang Gaharu

Pohon gaharu memiliki tinggi yang mencapai antara 40 meter dan diameter batangnya sekitar 80 cm. Kulit batang bagian luar gaharu berwarna abu-abu keputihan, dan jika sudah tua, terasa rapuh dan mudah mengelupas. Bagian dalam kulit batang gaharu berwarna putih krem. Ranting muda gaharu berwarna cokelat terang dan memiliki bulu yang halus.

Morfologi Daun Gaharu

Daun tanaman gaharu merupakan daun tunggal yang berbentuk lonjong memanjang dan berukuran panjang 5 sampai 8 cm serta lebar kira-kira 3 hingga 4 cm. Ujung daun tanaman gaharu meruncing dan kadang berekor dengan panjang sampai 1 cm. Daun gaharu berwarna hijau dan terkadang ada bintik bintik berwarna putih.

Tepi daunnya bergelombang, pangkal daun membaji atau menirus, urat daun tidak beraturan dan kadang bercabang. Tangkai daun gaharu berbulu dan panjangnya 3 – 5 mm.

Morfologi Bunga Gaharu

Perbungaan tanaman gaharu muncul diujung ranting, ketiak atas dan ketiak tangkai. Warna bunganya yaitu putih, kuning terang, atau kuning dan panjangnya mencapai 5 mm serta memiliki bulu yang halus. Kelopak bunga gaharu berbentuk bulat oval sampai lonjong, menumpul, dan berbulu tebal di kedua sisi permukaannya.

Bagian mahkota bunga biasanya lebih panjang dari benang sari, berbentuk bulat oval sampai lonjong dan berambut tebal. Panjang benang sarinya sendiri sekitar 1 sampai 1,5 mm, kepala sari berukuran 0,5 mm. bakal buahnya memiliki bulut tebal dengan kepala putik mementol.

Morfologi Buah Gaharu

Buah gaharu berada dalam polongan, berbentuk bulat oval atau lonjong. Ukuran buahnya sekitar 5 cm dengan lebar 3 cm. terdapat 1 sampai 2 biji pada setiap buah, bijinya sendiri berbentuk bulat oval yang tertutup oleh bulu-bulu halus berwarna kemerahan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan gaharu secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman gaharu ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi tanaman euphorbia :)