KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI POHON JATI

Artikel tentang pohon jati ini akan menjelaskan ciri ciri pohon jati lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman pohon jati (klasifikasi dan deskripsi pohon jati).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Jati

Tanaman jati adalah tanaman kayu yang berkualitas unggulan karena daya tahan dan stabilitasnya. Kayu dari tanaman jati sering digunakan dalam pembuatan perahu dan kapal, flooring, furniture, lemari, alat musik, bantalan rel kereta api, tiang jembatan, dan gelagar rumah.

Tanaman jati tidak tahan terhadap genangan air, karena genangan akan menyebabkan akar busuk. Tanaman ini cocok tumbuh pada hutan beriklim tropis. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi pohon jati :


Klasifikasi Tanaman Jati

Apa klasifikasi ilmiah pohon jati ?


Nama ilmiah pohon jati atau nama latin pohon jati adalah Tectona grandis L. f. Klasifikasi tumbuhan pohon jati adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Lamiaceae
GENUS : Tectona L. f.
SPESIES : Tectona grandis L. f.

Tabel : klasifikasi pohon jati


Morfologi Tanaman Jati

Apa ciri ciri morfologi pohon jati / ciri ciri tumbuhan jati ?


Ciri khusus pohon jati / ciri khas pohon jati & struktur morfologi pohon jati yaitu :

Morfologi Akar Pohon Jati

Akar jati mempunyai 2 jenis akar, yaitu akar tunggang dan serabut. Akar tunggang adalah akar yang tumbuh ke secara vertikal dan berukuran besar, kegunaannya untuk menopang pohon agar tidak mudah roboh. Lalu akar serabut, akar ini tumbuh ke samping dan berfungsi untuk mencari air dan unsur hara.

Pada batang paling bawah, terlihat seperti bekas potongan yang mengeluarkan akar. Pada ruas pertama terlihat lebih besar dan lebih kokoh serta cenderung lebih gelap dari ruas selanjutnya, karena ketika pertumbuhan pucuk, terjadi penguatan batang untuk pertumbuhan akar, dan pada saati itu pertumbuhan pucuk terhenti (proses pemotongan sampai keluar akar adalah 3 hingga 4 minggu).

Morfologi Batang Pohon Jati

Pohon jati mampu mencapai ukuran yang sangat besar dengan tinggi sampai 45 meter dan diameter 2 m. Bentuk batang pohon jati umumnya silinder, tetapi menjadi bergalur dan sedikit ditopang pada dasarnya ketika dewasa (pada bongkot, berbentuk seperti belimbing, khususnya pohon yang besar.

Warna kulit batang biasanya cokelat atau abu-abu, keputihan dan ada juga yang kehitaman dengan alur yang memanjang dan sedikit mengelupas. Pohon yang sudah tua sering beralur dan berbanir, kulit batang tebal.

Morfologi Daun Pohon Jati

Daun jati letaknya bersilangan dan berbentuk elips atau bulat telur dengan panjang 13 – 75 cm dan lebar 10 – 40 cm. Bentuk tajuknya rimbun dengan bagian ujung daun tumpul atau agak runcing.

Morfologi Bunga Jati

Bunga jati adalah bunga biseksual dan berwarna putih atau krem. Masa berbunga dan berbuah tanaman jati adalah Juni – Agustus setiap tahunnya. Ukuran bunga kecil dengan diameter 6 – 8 mm, berwarna keputih-putihan dan berkelamin ganda dari benang sari dan putik yang terangkai dalam tandan besar.

Morfologi Buah Jati

Buah jati keras, terbungkus kulit berdaging dan lunak tidak merata (tipe buah batu) serta ukuran buah antara 5 – 20 mm. Struktur buah terdiri dari kulit luar tipis yang terbentuk dari kelopak, lapisan tengah (mesokarp) yang tebal, bagian dalam (endokarp) yang keras dan terbagi menjadi 4 ruang biji.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan jati secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman jati ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi gembili :)