KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI RESAM

Artikel tentang tanaman paku resam ini akan menjelaskan ciri ciri pake resam lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman resam (klasifikasi dan deskripsi resam).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Resam

Tanaman paku resam adalah tanaman yang termasuk ke dalam golongan paku pakuan yang berukuran besar dan sering ditemui tumbuh di tebing tebing, tepi jalan atau pegunungan.

Tanaman paku pakuan ini sering dianggap sebagai tanaman liar atau gulma, tetapi meskipun begitu, tanaman resam ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan anyaman yang memiliki nilai ekonomis. Hal ini karena paku resam mengandung sejenis zat tanduk yang anti rayap dan tahan terhadap udara yang lembab. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi resam :


Klasifikasi Paku Resam

Apa klasifikasi ilmiah resam ?


Nama ilmiah resam atau nama latin resam adalah Dicranopteris linearis. Klasifikasi tumbuhan resam adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Polypodiophytina
KELAS : Polypodiopsida
SUB KELAS : Polypodiidae
ORDO : Gleicheniales
FAMILI : Gleicheniaceae
GENUS : Dicranopteris Bernh
SPESIES : Dicranopteris linearis (Burm. f.) Underw

Tabel : klasifikasi resam


Morfologi Paku Resam

Apa ciri ciri morfologi resam / ciri ciri tumbuhan resam ?


Ciri khusus resam / ciri khas resam & struktur morfologi resam yaitu :

Tanaman paku resam ini dikenal sebagai tanaman yang invasif karena tumbuhnya mendominasi permukaan tanah, menyebabkan tanaman lain terhambat pertumbuhannya. Paku resam bisa tumbuh di hampir semua daerah yang beriklim tropis dan sub tropis, di daerah Asia dan Asia Pasifik.

Tanaman resam menyukai tempat yang teduh dan lembab, biasanya di tebing, dan ketinggian 200 meter sampai 1500 meter di atas permukaan laut.

Morfologi Akar dan Batang Resam

Tanaman paku resam mempunyai akar rimpang yang tumbuh di dekat permukaan tanah dan mengeluarkan batang yang keras serta tumbuhnya ke arah atas. Tumbuhan berjenis paku pakuan ini tumbuh melilit dan mempunyai cabang yang seperti garpu.

Paku resam bisa tumbuh mencapai sekitar 1 hingga 3 meter. Paku resam sering dianggap sebagai gulma atau tumbuhan pengganggu karena kehadirannya mendominasi permukaan tanah dan menghambat tanaman lain untuk tumbuh dan berkembang.

Morfologi Daun Resam

Daun tanaman paku resam ini memiliki stomata di bagian bawah daunnya yang berupa bintil bintil dan berguna sebagai alat pernafasan. Tanaman paku resam mempunyai pelepah daun, yang mana di setiap pelepah daun ini terdapat daun yang berbentuk bujur.

Daun paku resam ini sendiri berwarna hijau dan mempunyai ukuran panjang sekitar 3 sampai 7 cm. Panjang pelepah paku resam kira kira 10 sampai 20 cm, tergantung dari umur tanaman dan habitat hidupnya. Beberapa sumber mengatakan, paku resam bisa tumbuh hingga 70 meter secara efifit atau menumpang pada tanaman lain.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan resam secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman resam ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi rami :)