KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI RUMPUT JARUM

Artikel tentang tanaman rumput jarum ini akan menjelaskan ciri ciri rumput jarum lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman rumput jarum (klasifikasi dan deskripsi rumput jarum).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Rumput Jarum

Rumput jarum adalah tumbuhan yang termasuk dalam tumbuhan gulma. Keberadaan rumput jarum ini tidak diinginkan dalam budidaya pertanian. Tetapi meskipun begitu, rumput jarum diduga mempunyai khasiat untuk mengembalikan stamina bagi ibu yang baru saja bersalin, mengembalikan kesehatan rahim, melancarkan darah haid, sakit urat dan keputihan.

Penggunaannya yaitu dengan cara mengambil 4 sampai 5 batang rumput jarum, lalu rebus dalam air 1,5 liter dan meminumnya 2 gelas per hari. Tetapi, batang rumput yang direbus jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan mual dan pusing. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi rumput jarum :


Klasifikasi Tanaman Rumput Jarum

Apa klasifikasi ilmiah rumput jarum ?


Nama ilmiah rumput jarum atau nama latin rumput jarum adalah Chrysopogon aciculatus. Klasifikasi tumbuhan rumput jarum adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Poales
FAMILI : Poaceae
GENUS : Chrysopogon Trin
SPESIES : Chrysopogon aciculatus (Retz.) Trin

Tabel : klasifikasi rumput jarum


Morfologi Tanaman Rumput Jarum

Apa ciri ciri morfologi rumput jarum / ciri ciri tumbuhan rumput jarum ?


Ciri khusus rumput jarum / ciri khas rumput jarum & struktur morfologi rumput jarum yaitu :

Morfologi Akar dan Batang Rumput Jarum

Rumput jarum mempunyai sistem perakaran tunggal yang kuat serta berkembang biak dengan anak bulir. Rumput jarum ini sering dianggap sebagai gulma dan termasuk tumbuhan berumur tahunan. Batangnya berdiri tegak mencapai tinggi sekitar 0,10 sampai 0,20 meter.

Rumput jarum ini berupa lempengan dengan rimpang yang menjalar ke segala arah dan bercabang cabang. Rumput jarum ini sering ditemui di kawasan yang rumputnya tidak tebal dan tanahnya tidak mengandung humus yang banyak serta struktur tanah sedikit keras. Tingginya sekitar 4 sampai 6 cm di bawah sinar matahari dan 10 sampai 20 cm jika berada di tempat yang teduh.

Morfologi Daun Rumput Jarum

Rumput jarum mempunyai daun yang berbentuk seperti pita bergaris. Bagian ujung daun rumput jarum ini meruncing dan mempunyai ukuran daun sekitar 2 sampai 20 cm dengan lebar 4 sampai 9 mm. Daun rumput jarum rapat di sepanjang rimpang hingga membentuk hamparan yang menutupi permukaan tanah.

Morfologi Bunga Rumput Jarum

Rumput jarum terbagi menjadi tiga jenis menurut warna bunganya, yaitu rumput jarum berwarna kuning, merah dan putih.

Rumput jarum mempunyai bunga majemuk yang muncul di bagian ujung batang yang tegak, bukan merayap. Bunga rumput jarum ini seperti bunga padi padian yang tersusun dalam tandan atau malai yang cabangnya banyak.

Perbungaan rumput jarum berukuran sekitar 5 sampai 12 cm dan mempunyai tangkai bunga yang berbulu yang berwarna keunguan dan berbentuk karangan serta anak bulir bunga berbentuk lanset dengan bagian ujung meruncing.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan rumput jarum secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman rumput jarum ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi rumput gajah :)