KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI SELEDRI

Artikel tentang tanaman daun seledri ini akan menjelaskan ciri ciri seledri lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman seledri (klasifikasi dan deskripsi seledri).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Seledri

Tanaman seledri adalah tanaman sayuran yang berasal dari benua Amerika, tumbuh baik di ketinggian 1000 – 1200 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara 15 – 24oC. Selain dikenal sebagai bumbu masakan, masyarakat tradisional telah lama memanfaatkan seledri sebagai obat untuk menurunkan panas demam, caranya yaitu dengan mengoleskan tumbukan daun seledri ke bagian kepala (kening).

Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari tanaman seledri, tidak ada salahnya kita mengenal lebih dekat tanaman ini. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi seledri :


Klasifikasi Tanaman Seledri

Apa klasifikasi ilmiah seledri ?


Nama ilmiah seledri atau nama latin seledri adalah Apium graveolens L. Klasifikasi tumbuhan seledri adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Apiales
FAMILI : Apiaceae
GENUS : Apium L.
SPESIES : Apium graveolens L.
VARIETAS : Apium graveolens var. dulce (Mill.) DC.

Tabel : klasifikasi seledri


Morfologi Tanaman Seledri

Apa ciri ciri morfologi seledri / ciri ciri tumbuhan seledri ?


Ciri khusus seledri / ciri khas seledri & struktur morfologi seledri yaitu :

Morfologi Akar Seledri

Akar tanaman seledri adalah akar tunggang. Akar tunggang ini kemudian memiliki serabut akar yang menyebar ke samping dalam radius sekitar 5 – 9 cm dari pangkal batang. Akar yang berwarna putih kotor ini mampu menembus tanah hingga kedalam 30 cm.

Morfologi Batang Seledri

Batang seledri biasanya bantet (tinggi kurang dari 1 meter), mempunyai batang yang lunak (tidak berkayu), bentuknya bersegi dan beralur. Batang ini beruas dan tidak berambut, cabangnya berjumlah banyak dan berwarna hijau. Seledri merupakan tanaman biji berkeping dua atau dikotil serta merupakan tanaman setahun atau dua tahun yang berbentuk semak atau rumput.

Morfologi Daun Seledri

Daun tanaman seledri berbentuk menyirip ganjil yang merupakan daun majemuk, dengan anak daun 3 – 8 helai. Anak daun mempunyai tangkai yang panjangnya 1 – 2 cm. Tangkai daun berwarna hijau keputih-putihan dan helaian daun tipis serta rapat.

Pangkal dan ujung daun seledri meruncing dengan bagian tepi daun beringgit. Panjang daun ini sekitar 2 – 7,5 cm dengan lebar 2 – 5 cm. Pertulangan daun seledri menyirip, daun berwarna hijau muda hingga hijau tua.

Morfologi Bunga & Buah Seledri

Bunga tanaman seledri adalah bunga majemuk yang bentuknya menyerupai payung, berjumlah 8 – 12 buah kecil-kecil berwarna putih, dan tumbuh di bagian pucuk tanaman tua. Di setiap ketiak daun, bisa tumbuh sekitar 3 – 8 bunga, dan pada ujung tangkai bunga ini membentuk bulatan. Setelah bunga dibuahi, bulatan kecil berwarna hijau akan terbentuk sebagai buah muda, kemudian berubah warna menjadi cokelat muda setelah tua. Buah tanaman seledri berbentuk bulatan kecil hijau sebagai buah muda, dan cokelat muda sebagai buah tua.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan seledri secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman seledri ya teman ! Baca juga klasifikasi dan deskripsi sambiloto :)