KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN ANDONG

Artikel tentang tanaman andong ini akan menjelaskan ciri ciri andong lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman andong (klasifikasi dan deskripsi andong).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Andong

Tanaman andong adalah tumbuhan yang termasuk dalam golongan monokotil dan sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tanaman andong atau nama lainnya Hanjuang adalah tanaman perennial yang mempunyai fungsi lain sebagai tanaman pelindung dan pembatas blok pada sawah atau ladang.

Selain sering difungsikan sebaga tanaman hias, tanaman andong ternyata mempunyai khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit disentri, nyeri lambung, diare, memar, radang gusi, dan asma. Tanaman andong ini mudah untuk dipelihara karena sifatnya yang tahan terhadap kekeringan. Dengan banyaknya manfaat tanaman andong, tidak ada salahnya kita mengenal lebih dalam tanaman hias satu ini. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi andong :


Klasifikasi Tanaman Andong

Apa klasifikasi ilmiah andong ?


Nama ilmiah andong atau nama latin andong adalah Cordyline fruticosa (L.) A. Chev. Klasifikasi tumbuhan andong adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Asparagales
FAMILI : Asparagaceae
GENUS : Cordyline Comm. ex R. Br.
SPESIES : Cordyline fruticosa (L.) A. Chev

Tabel : klasifikasi andong


Morfologi Tanaman Andong

Apa ciri ciri morfologi andong / ciri ciri tumbuhan andong ?


Ciri khusus andong / ciri khas andong & struktur morfologi andong yaitu :

Morfologi Akar Andong

Akar tanaman andong adalah akar bertipe serabut yang berwarna putih kekuningan.

Morfologi Batang Andong

Tanaman andong adalah perdu tegak yang mempunyai tinggi hingga 2 meter lebih dan jarang bercabang. Bentuk batang tanaman andong yaitu bulat, dan keras. Bekas dudukan daun terlihat jelas dan membentuk seperti cincin. Warna batang andong adalah cokelat keabu-abuan.

Morfologi Daun Andong

Daun tanaman andong merupakan daun tunggal yang berwarna hijau atau merah kecokelatan serta bentuk daun memanjang. Letak daun tersebar di batang dan terutama terkumpul di bagian ujung batang. Helaian daun berbentuk lanset, ujung dan pangkal tanaman andong meruncing dengan bagian tepi merata.

Tangkai daun tanaman andong berbentuk seperti talang, prtmukssn daun licin, dan pertulangan daun menyirip. Panjang daun andong sekitar 20 – 60 cm dengan lebar kira-kira 5 – 13 cm.

Morfologi Bunga Andong

Bunga tanaman andong berbentuk malai besar dan muncul dari tengah tengah kluster daun. Panjang bunga ini sekitar 30 sampai 38 cm, berbentuk melengkung dan bercabang-cabang. Bunga andong berwarna keunguan atau kuning muda dan terdiri dari kelopak bunga yang berukuran sempit dengan 6 lobus runcing, 6 benang sari dan putik berwarna putih dnegan 3 ovarium.

Bunga andong merupakan bunga majemuk yang bertangkai panjang dengan daun pelindung yang besar pada pangkal cabang, panjangnya kurang lebih 1,4 cm. anak daun pelindung pada pangkal bunga berukuran kecil.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan andong secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman andong ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi akasia :)