KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN ANTHURIUM

Artikel tentang tanaman anthurium ini akan menjelaskan ciri ciri anthurium lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman anthurium (klasifikasi dan deskripsi anthurium).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Anthurium

Tanaman anthurium adalah tanaman hias yang termasuk dalam famili Araceae. Tanaman anthurium dibedakan menjadi dua jenis, yaitu anthirum daun dan anthurium bunga. Tanaman anthurium banyak digemari karena bentuk daunnya yang indah, unik dan bermacam macam. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi anthurium :


Klasifikasi Tanaman Anthurium

Apa klasifikasi ilmiah anthurium ?


Nama ilmiah anthurium atau nama latin  adalah Anthurium Schott spp Klasifikasi tumbuhan anthurium adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Alismatales
FAMILI : Araceae
GENUS : Anthurium Schott
SPESIES : Anthurium palmatum (L.) Schott
SPESIES : Anthurium cordatum (L.) Schott
SPESIES : Anthurium acaule (Jacq.) Schott
SPESIES : Anthurium dominicense Schott
SPESIES : Anthurium andraeanum Linden
SPESIES : Anthurium crenatum (L.) Kunth
SPESIES : Anthurium X selloum K. Koch (pro sp.)
SPESIES : Anthurium scandens (Aubl.) Engl.

Tabel : klasifikasi anthurium gelombang cinta


Morfologi Tanaman Anthurium

Apa ciri ciri morfologi anthurium / ciri ciri tumbuhan anthurium ?


Ciri khusus anthurium / ciri khas anthurium & struktur morfologi anthurium yaitu :

Morfologi Akar Anthurium

Tanaman anthurium mempunyai perakaran yang banyak dan berwarna putih, serta pertumbuhannya menyebar ke segala arah. Oleh karena itu, tanaman ini membutuhkan media tanam yang porous.

Morfologi Batang Anthurium

Tanaman anthurium mempunyai batang yang tidak terlihat karena terbenam di dalam tanah atau media tanam. Jika sudah dewasa, batang anthurium akan berkembang dan membesar menjadi bonggol. Batang anthurium berbuku-buku, tidak berkayu dan cenderung berair.

Jika tanaman sudah tua, akan banyak daun bagian bawah yang rontok dan batang akan terlihat di atas permukaan tanah. Tanaman anthurium adalah tanaman evergreen yang tidak mengenal fase dormansi. Tanaman ini biasanya hidup secara epifit dengan menempel di tanaman lain, atau bisa juga hidup secara terrestrial di dasar hutan.

Morfologi Daun Anthurium

Tanaman anthurium memili susunan daun yang kompak dan tebal serta kaku. Bentuk daunnya bermacam macam mulai dari berbentuk seperti jantung, lonjong, lancip dan memanjang. Ujung daun meruncing serta pertulangan daun besar dan menonjol. Permukaan daun mengkilap dan terdapat gurat yang terlihat jelas. panjang daun anthurium ini sekitar 10 sampai 30 cm.

Morfologi Bunga Anthurium

Tanaman anthurium memiliki bunga berumah satu, yaitu dalam satu bunga terdapat sel gamet betina dan sel gamet jantan. Bunga anthurium ini terdiri dari tangkai, mahkota dan tongkol, kemudian semua bunga ini menjadi satu kesatuan membentuk layaknya ekor.

Bunga jantan ditandai dengan keberadaan benang sari sedangkan bunga betina ditandai dengan lendirnya. Putik dan tepung sari menempel di tongkol.

Morfologi Buah dan Biji Anthurium

Tanaman anthurium memiliki buah yang berbentuk bulat dan menempel di tongkol. Buah anthurium muda berwarna hijau dan buah matangnya berwarna merah. Biji anthurium yang sudah masak akan lepas dari tongkol dan digunakan untuk perbanyakan tanaman. Bibit anthurium yang dihasilkan dari perbanyakan biji pada umumnya memiliki sifat berbeda dari tetuanya.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan anthurium secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman anthurium ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi andong :)