KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BAYAM

Artikel tentang tanaman bayam ini akan menjelaskan ciri ciri bayam lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman bayam (klasifikasi dan deskripsi bayam).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Bayam

Kalian pasti sudah sering menjumpai tanaman bayam ini, tanaman bayam merupakan salah satu tanaman sayuran yang mudah diperoleh di setiap pasar dan harganya pun terjangkau. Tanaman ini pada awalnya berasal dari daerah Amerika beriklim tropis dan sekarang menyebar ke seluruh penjuru dunia. Biasanya tanaman ini dikonsumsi bagian batang dan daun. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi bayam :


Klasifikasi Tanaman Bayam

Apa klasifikasi ilmiah bayam ?


Nama ilmiah bayam atau nama latin bayam adalah Spinacia oleracea L. Klasifikasi tumbuhan bayam adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Caryophyllanae
ORDO : Caryophyllales
FAMILI : Amaranthaceae
GENUS : Spinacia L.
SPESIES : Spinacia oleracea L.

Tabel : klasifikasi bayam


Morfologi Tanaman Bayam

Apa ciri ciri morfologi bayam / ciri ciri tumbuhan bayam ?


Ciri khusus bayam / ciri khas bayam & struktur morfologi bayam yaitu :

Morfologi Akar Bayam

Akar tanaman bayam untuk berbagai jenis bayam pada umumnya sama, yaitu memiliki sistem perakaran tunggang dengan akar serabut di bagian atasnya. Akar tanaman ini akan menembus tanah hingga kedalaman 20 sampai 40 cm bahkan bisa lebih.

Morfologi Batang Bayam

Tanaman bayam sangat mudah dikenali, yaitu berupa tanaman perdu yang tumbuh tegak dan batangnya tebal berserat, pada beberapa jenis tertentu, tanaman ini memiliki duri. Batang bayam banyak mengandung air dan tumbuh tinggi di atas permukaan tanah. Percabangan bayam akan melebar dan tumbuh tunas baru bila dilakukan pemangkasan.

Morfologi Daun Bayam

Daun bayam biasanya berbentuk bulat telur dengan bagian ujung daun agak meruncing, dan urat-urat daunnya terlihat jelas. Warna daun bervariasi mulai dari hijau muda, hijau tua, hijau keputih-putihan sampai merah. Panjang daun sekitar 1,5 cm sampai 6 cm dengan lebar daun 0,5 cm hingga 3,2 cm. Tangkai daun berbentuk bulat dengan panjang 0,5 cm sampai 9 cm.

Morfologi Bunga Bayam

Bunga bayam merupakan bunga berkelamin tunggal yang tersusun secara majemuk dan berwarna hijau. Bunganya memiliki 5 mahkota dengan panjang 1,5 sampai 2,5 mm. Bunga jantan mempunyai bentuk bulir, sedangkan bunga betina berbentuk bulat dan terdapat pada ketiak batang. Mahkota terdiri dari daun bunga 3 – 5 buah, benang sari 1 -5 buah, dan bakal buah berjumlah 2 -3 buah. Penyerbukan bunga ini biasanya dibantu juga oleh angin dan binatang sekitar.

Morfologi Buah & Biji Bayam

Buah bayam berbentuk lonjong dan berwarna hijau dengan panjang sekitar 1,5 mm. Biji bayam berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 sampai 1 mm. bijinya berukuran kecil dan halus, serta memiliki bentuk yang bulat. Ada beberapa jenis bayam yang terdapat biji berwarna putih atau merah, misalnya bayam maksi.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan bayam secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman bayam ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi bambu :)