KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BEGONIA

Artikel tentang tanaman begonia ini akan menjelaskan ciri ciri begonia lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman begonia (klasifikasi dan deskripsi begonia).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Begonia

Tanaman begonia adalah tanaman hias yang berasal dari benua Amerika. Nama “begonia” diambil dari nama seorang hakim Prancis bernama Michael Begon yang memperkenalkan tanaman ini kepada publik. Tanaman begonia menyukai tempat yang lembab dan tanah humus yang kaya nutrisi, biasanya berupa habitat hutan tropis dengan udara yang sejuk dan dingin.

Selain sebagai tanaman hias, beberapa jenis tanaman begonia bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat, khususnya bagian akar rimpang yang bisa menyembuhkan demam dan sifilis. Masyarakat sunda mengenal tanaman begonia dengan nama “hariang”, yang sering digunakan sebagai pengganti asam untuk membuat sayur. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi begonia :


Klasifikasi Tanaman Begonia

Apa klasifikasi ilmiah begonia ?


Nama ilmiah begonia atau nama latin begonia adalah Begonis sp. Klasifikasi tumbuhan begonia adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Cucurbitales
FAMILI : Begoniaceae
GENUS : Begonia L.
SPESIES : Begonia cucullata Willd.
SPESIES : Begonia coccinea Hook.
SPESIES : Begonia ulmifolia Willd.
SPESIES : Begonia heracleifolia Cham. & Schltdl.
SPESIES : Begonia convolvulacea (Klotzsch) A. DC.
SPESIES : Begonia decandra Pav. ex A. DC.
SPESIES : Begonia X tuberhybrida Voss
SPESIES : Begonia hirtella Link
SPESIES : Begonia foliosa Kunth
SPESIES : Begonia reniformis Dryand.
SPESIES : Begonia fusca Liebm.
SPESIES : Begonia humilis Aiton
SPESIES : Begonia nelumbiifolia Cham. & Schltdl.

Tabel : klasifikasi begonia sp


Morfologi Tanaman Begonia

Apa ciri ciri morfologi begonia / ciri ciri tumbuhan begonia ?


Ciri khusus begonia / ciri khas begonia & struktur morfologi begonia yaitu :

Morfologi Batang Begonia

Tanaman begonia adalah tanaman menahun berupa terna tegak yang bersemak atau menjalar. Batang begonia mengandung air dengan letak daun yang tersebar. Batang begonia berbentuk silindris, berambut, beruas-ruas, bercabang-cabang dan melata di atas tanah, serta warnanya hijau kemerahan. Akar begonia yaitu akar serabut dan berwarna putih kotor.

Morfologi Daun Begonia

Ciri khas dari begonia adalah bentuk daunnya yang asimetris sehingga jika dilipat bentuk dan ukuran daun tidak sama. Bentuk daun begonia bervariasi, ada yang berbentuk oval, menjari, seperti daun palem, seperti terompet atau berumbai-umbai, tergantung dari spesiesnya.  Daun begonia juga beragam, ada yang tipis seperti kertas, agak tebal hingga tebal, serta berair dan agak rapuh.

Morfologi Bunga Begonia

Bunga begonia adalah bunga majemuk (inflorescentia). Bunga ini muncul di bagian ketiak daun atau di ujung batang. Bunga jantan memiliki 2 sampai 4 tenda bunga dan benang sari yang banyak. Sementara bunga betina memiliki 2 sampai 5 tenda bunga. Warna bunga begonia bervariasi, ada yang berwarna kuning, putih atau merah muda. Bunga begonia berbentuk menyerupai payung dengan panjang tangkai sekitar 5 – 10 cm dan tanpa kelopak. Mahkotanya berbentuk kuku, duduk di atas bakal buah, berwarna putih kemerahan.

Morfologi Buah Begonia

Buah tanaman begonia bersayap, berongga atau bertanduk. Biasanya, sebagian besar buah begonia akan mengering setelah masak fisiologis. Warna buah begonia beragam, mulai dari putih, merah muda, kuning, oranye, merah, hijau sampai cokelat. Bijinya berbentuk serbuk halus dan berwarna cokelat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan begonia secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman begonia ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi bayam :)