KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BINAHONG

Artikel tentang tanaman obat binahong ini akan menjelaskan ciri ciri binahong lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman binahong (klasifikasi dan deskripsi binahong).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Binahong

Tanaman binahong (Anredera cordifolia) adalah tanaman obat-obatan yang berasal dari negara Cina. Di negara asalnya, tanaman ini disebut ‘dheng san chi’ dan di dunia internasional, tanaman ini bernama ‘hearthleaf madeiravine’. Kita mungkin sering melihat tanaman ini sebagai gondola yang sering digunakan sebagai gapura, melingkar di atas jalan taman, karena sifat tanaman ini menjalar.

Tanaman ini berpotensi sebagai tanaman obat yang dapat mengatasi bermacam-macam jenis penyakit, dan bagian yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan adalah akar, batang, daun, dan bunga yang menempel pada ketiak daun. Manfaat daun binahong untuk kesehatan adalah untuk menyembukan penyakit diabetes, tifus, stroke, radang usus, sariawan, dan lain-lain. Dengan banyak manfaat yang bisa kita gali dari tanaman ini, tidak ada salahnya kita mengenal lebih tanaman binahong. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi binahong :


Klasifikasi Tanaman Binahong

Apa klasifikasi ilmiah binahong ?


Nama ilmiah binahong atau nama latin binahong adalah Anredera cordifolia. Klasifikasi tumbuhan binahong adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Caryophyllanae
ORDO : Caryophyllales
FAMILI : Basellaceae
GENUS : Anredera Juss.
SPESIES : Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

Tabel : klasifikasi binahong


Morfologi Tanaman Binahong

Apa ciri ciri morfologi binahong / ciri ciri tumbuhan binahong ?


Ciri khusus binahong / ciri khas binahong & struktur morfologi binahong yaitu :

Morfologi Daun Bihanong

Daun binahong adalah daun tunggal dengan tangkai yang sangat pendek (subssile). Pertulangan daun ini menyirip, dan letak daun ini tersusun berselang seling. Bentuk daun binahong seperti jantung (cordata), berwarna hijau muda, berukuran panjang sekitar 5 – 10 cm dan lebar kira-kira 3 – 7 cm. helaian daun ini tipis dan lemas, bagian ujung daunnya meruncing dan pangkal berbelah, tepi daun rata atau kadang bergelombang, dan bagian permukaan daun halus dan licin.

Morfologi Rhizoma Bihanong

Rhizoma adalah batang serta daun yang terdapat di dalam tanah. Tanaman binahong memiliki rhizoma yang tumbuh mendatar dan bercabang-bercabang. Tunas dapat tumbuh dari ujung rhizoma ini dan dapat merupakan suatu tumbuhan baru. Rhizoma ini bukan akar, melainkan penjelmaan dari batang dan berfungsi sebagai tempat cadangan makanan dan alat perkembangbiakan.

Rhizoma ini beruas-ruas atau berbuku-buku, dan berdaun, tetapi daunnya berubah menjadi sisik-sisik. Rhizoma binahong ini mempunyai kuncup-kuncup, dan tumbuhnya tidak ke pusat bumi atau air, terkadang tumbuh ke atas muncul di permukaan tanah.

Morfologi Akar  Bihanong
Tanaman binahong memiliki akar tunggang yang berdaging lunak dan berwarna cokelat kotor.

Morfologi Bunga Bihanong

Bunga tanaman binahong adalah bunga majemuk yang berbentuk tandan atau malai panjang. Bunga binahong ini bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, dan mahkotanya berwarna putih sampai krem, berjumlah lima helai tidak berlekatan. Panjang mahkota sekitar 0,5 – 1 cm dan memiliki aroma yang wangi.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan binahong secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman binahong ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi beringin :)