KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN CINCAU

Artikel tentang tanaman cincau ini akan menjelaskan ciri ciri cincau lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman cincau (klasifikasi dan deskripsi cincau).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Cincau

Tanaman cincau adalah tanaman dari genus mesona yang berasal dari daerah Tiongkok. Kata ‘cincau’ sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa. Secara tradisional, daun cincau hijau digunakan sebagai aneka minuman penyegar yang bentuknya berupa gel. Di Taiwan, cincau ini disajikan sebagai minuman panas dan kental, berbeda dengan masyarakat Indonesia yang menggemarinya dalam kondisi dingin (es cincau).

Sebenarnya, tanaman cincau yang bisa menghasilkan gel ada beberapa jenis, seperti cincau perdu (Melasthoma polyanthum), cincau hitam (Melasthima palustris) dan cincau rambat (Cylea barbata Miers). Yang akan dibahas kali ini adalah tanaman cincau hijau rambat. Berikut adalah morfologi tanaman cincau hijau rambat. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi cincau :


Klasifikasi Tanaman Cincau

Apa klasifikasi ilmiah cincau ?


Nama ilmiah cincau atau nama latin cincau (hijau) adalah Cyclea barbata Miers. Klasifikasi tumbuhan cincau adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Mesangiospermae
ORDO : Ranunculales
FAMILI : Menispermaceae
GENUS : Cyclea
SPESIES : Cyclea barbata Miers

Tabel : klasifikasi cincau


Morfologi Tanaman Cincau

Apa ciri ciri morfologi cincau / ciri ciri tumbuhan cincau ?


Ciri khusus cincau / ciri khas cincau & struktur morfologi cincau yaitu :

Morfologi Batang & Umbi Cincau

Cincau hijau rambat (Cyclea barbata Myers.) adalah tanaman terna berbatang lunak yang merambat dengan cara membelit, tumbuh dari umbi batang. Umbi batang cincau rambat bisa mencapai panjang kira-kira 50 cm dengan diameter sekitar 2 – 3 cm. Kulitnya ini berwarna cokelat cerah dan di bagian dalamnya berwarna keputihan. Batang cincau hijau rambat berwarna hijau tua dan panjangnya bisa mencapai 4 – 5 meter untuk mencapai tempat yang tersorot sinar matahari.

Morfologi Daun Cincau

Daun tanaman cincau hijau rambat berbentuk menyerupai jantung dan agak bulat, warnanya hijau tua, dan dipenuhi oleh bulu-bulu halus sehingga permukaan daunnya terasa kasar. Panjang dan lebar daunnya sekitar 10 cm, dan bagian ujung daun meruncing.

Morfologi Bunga Cincau

Tanaman cincau hijau rambat termasuk ke dalam tanaman berumah dua, yaitu bunga jantan dan bunga betina berada pada dua tanaman yang berlainan. Bunga jantan dan bunga betina berupa dompolan pada malai kecil yang tumbuhnya menggantung pada ruas batang dari bekas ketiak daun.

Morfologi Buah & Biji Cincau

Buah tanaman cincau hijau rambat berupa buah beri yang juga membentuk dompolan. Bentuk buah ini yaitu butiran lonjong yang ukurannya kurang dari 1 cm. buah cincau hijau rambat ini berwarna hijau ketika muda dan menjadi putih kecokelatan ketika masak. Di dalam buah ini terdapat biji berwarna hitam yang bisa disemai untuk perbanyakan tanaman.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan cincau secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman cincau ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi buncis :)