KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN COCOR BEBEK

Artikel tentang daun cocor bebek ini akan menjelaskan ciri ciri cocor bebek lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman cocor bebek (klasifikasi dan deskripsi cocor bebek).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek atau sosor bebek (Kalanchoe pinnata syn.Bryophlyyum calycinum syn.Bryophyllum pinnatum) adalah tanaman sukulen (mengandung air) yang berasal dari daerah Madagaskar, Afrika. Banyak manfaat yang dapat diambil dari daun cocor bebek, selain sebagai tanaman hias, cocor bebek juga digunakan sebagai tanaman obat. Tanaman ini banyak ditemukan karena tumbuhnya liar.

Tanaman cocor bebek sering digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rummah, tetapi banyak juga tanaman cocor bebek yang tumbuh liar di kebun-kebun dan pinggir parit yang tanahnya berbatu. Tanaman ini terbiasa hidup di tekstur tanah yang berbatu. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi cocor bebek :


Klasifikasi Tanaman Cocor Bebek

Apa klasifikasi ilmiah cocor bebek ?


Nama ilmiah cocor bebek atau nama latin cocor bebek adalah Kalanchoe pinnata (Lam.) Pers.. Klasifikasi tumbuhan cocor bebek adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Saxifraganae
ORDO : Saxifragales
FAMILI : Crassulaceae
GENUS : Kalanchoe Adans.
SPESIES : Kalanchoe pinnata (Lam.) Pers.

Tabel : klasifikasi cocor bebek


Morfologi Tanaman Cocor Bebek

Apa ciri ciri morfologi cocor bebek / ciri ciri tumbuhan cocor bebek ?


Ciri khusus cocor bebek / ciri khas cocor bebek & struktur morfologi cocor bebek yaitu :

Morfologi Akar Cocor Bebek

Akar pada tanaman cocor bebek adalah akar tunggang, tanaman ini biasanya diperbanyak menggunakan cara vegetatif pada bagian daunnya.

Morfologi Batang Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek mempunyai batang yang lunak dan beruas. Daunnya berdaging tebal dan banyak mengandung air. Tanaman ini berjenis herba dengan tinggi sekitar 0,3 sampai 3 meter. Batang cocor bebek tumbuh tegak dan cabang-cabangnya banyak, berbentuk segi empat, tangkai daun bersayap, berwarna hijau dan pangkalnya kayu.

Morfologi Daun Cocor Bebek

Daun cocor bebek berdaging tebal dan mengandung banyak air. Warna daun ini hijau muda atau kadang-kadang abu-abu. Daun cocor bebek berbatang basah, bagian pinggir daun bergelombang, banyak mengandung air serta bentuk daunnya lonjong atau bulat.

Panjang daun cocor bebek kira-kira 5 sampai 20 cm dengan lebarnya yang mencapai 2,5 sampai 15 cm. Bagian ujung daun tumpul, pangkal daun membundar, dan permukaan daun gundul. Organ daun cocor tanaman cocor bebek dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif.

Morfologi Bunga & Buah Cocor Bebek

Bunga cocor bebek adalah bunga majemuk dan berbuah kotak. Mahkota bunga berbentuk menyerupai corong berwarna merah dan kelopak berdaun lekat. Buah cocor bebek kotak berwarna ungu dan bernoda putih, berbentuk silindris serta panjangnya kira-kira 1,5 – 4 cm. Taju bunga cocor bebek pendek dan berbentuk bulat telur atau lanset. Benang sari berjumlah 8, tangkai putik panjang dan helaian sisik berbentuk segi empat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan cocor bebek secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman cocor bebek ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi cincau :)