KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN EKOR KUCING

Artikel tentang tanaman ekor kucing ini akan menjelaskan ciri ciri ekor kucing lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman ekor kucing (klasifikasi dan deskripsi ekor kucing).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Ekor Kucing

Tanaman ekor kucing adalah tanaman hias yang juga dipercaya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman yang berasal dari Hindia Barat ini biasa ditanaman sebagai tanaman hias di pekarangan rumah atau taman.

Ada dua organ tanaman ekor kucing yang sering dimanfaatkan sebaga obat, yaitu bunga dan daun. Bagian bunga berguna untuk mengobati disentri, radang usus, mimisan, berak darah, muntah darah, cacingan dan luka bakar. Sedangkan bagian daun dimanfaatkan untuk mengobati penyakit seperti batuk darah, luka berdarah, sariawan dan bercak putih karena kehilangan pigmen. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi ekor kucing :


Klasifikasi Tanaman Ekor Kucing

Apa klasifikasi ilmiah ekor kucing ?


Nama ilmiah ekor kucing atau nama latin ekor kucing adalah Acalypha hispida Burm. f. Klasifikasi tumbuhan ekor kucing adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malpighiales
FAMILI : Euphorbiaceae
GENUS : Acalypha L.
SPESIES : Acalypha hispida Burm. f.

Tabel : klasifikasi ekor kucing


Morfologi Tanaman Ekor Kucing

Apa ciri ciri morfologi ekor kucing / ciri ciri tumbuhan ekor kucing ?


Ciri khusus ekor kucing / ciri khas ekor kucing & struktur morfologi ekor kucing yaitu :

Morfologi Batang Ekor Kucing

Tanaman ekor kucing adalah tanaman berjenis perdu yang tumbuh tegak lurus mencapai tinggi sekitar 1 hingga 3 meter. Tanaman ekor kucing mempunyai batang yang berbentuk bulat dan berwarna cokelat. Sistem percabangan tanaman ekor kucing adalah simpodial. Batang ekor kucing ini kasar dan berwarna cokelat kehijauan.

Morfologi Daun Ekor Kucing

Tanaman ekor kucing memiliki jenis daun tunggal yang bertangkai panjang dan letaknya berselang seling. Helaian daun berbentuk bulat oval atau lonjong. Ujung daun ekor kucing berbentuk meruncing dengan pangkalnya tumpul dan bagian tepi daun bergerigi.

Pertulangan daun ekor kucing menyirip. Panjang daunnya yaitu sekitar 12 sampai 20 cm dengan lebar 6 hingga 16 cm. daun ekor kucing ini berwarna hijau muda.

Morfologi Bunga Ekor Kucing

Tanaman ekor kucing mempunyai bunga yang berkelamin tunggal di dalam satu pohon. Bunga betina berkumpul dalam suatu karangan yang berbentuk bulir yang muncul dari ketiak daun. Bentuk bunga tanaman ekor kucing ini bulat memanjang berjuntai ke bawah.

Diameter bunga ini hanya 1 sampai 1,5 cm, tetapi panjangnya bisa 20 sampai 50 cm. Bunga ekor kucing ini berwarna merah.

Morfologi Buah Ekor Kucing

Tanaman ekor kucing memiliki buah yang berbentuk bulat dan berukuran kecil. Buah ini berwarna hijau dan mempunyai rambut. Bijinya berbentuk bulat dan kecil serta berwarna putih kotor. Tanaman ekor kucing biasanya diperbanyak secara generatif atau menggunakan biji.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan ekor kucing secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman ekor kucing ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi edelweis :)