KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN GAMAL

Artikel tentang tanaman gamal ini akan menjelaskan ciri ciri gamal lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman gamal (klasifikasi dan deskripsi gamal).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Gamal

Tanaman gamal berasal dari daerah Amerika Tengah dan Brazil, oleh penjajah Eropa, tanaman ini kemudian dibawa ke benua Asia. Di daerah asal tanaman ini, gamal sering digunakan sebagai pelindung tanaman kakao.

Tanaman gamal masuk ke daerah Indonesia melalui perusahaan perkebunan Belanda yang tertarik untuk menggunakannya sebagai tanaman pelindung di perkebunan teh. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi gamal :


Klasifikasi Tanaman Gamal

Apa klasifikasi ilmiah gamal ?


Nama ilmiah gamal atau nama latin gamal adalah Gliricidia sepium. Klasifikasi tumbuhan gamal adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Fabales
FAMILI : Fabaceae
GENUS : Gliricidia Kunth
SPESIES : Gliricidia sepium (Jacq.) Kunth

Tabel : klasifikasi gamal


Morfologi Tanaman Gamal

Apa ciri ciri morfologi gamal / ciri ciri tumbuhan gamal ?


Ciri khusus gamal / ciri khas gamal & struktur morfologi gamal yaitu :

Morfologi Batang Gamal

Batang tanaman gamal ada yang tunggal atau bercabang, tetapi jarang yang menyemak, serta tingginya bisa mencapai 2 sampai 15 m. batang tumbuh tegak, diameter pangkal batang kira-kira 5 -30 cm, kulit batang berwarna cokelat keabu-abuan dengan alur-alur kecil pada batang yang sudah tua. Batang dan cabang mempunyai bercak putih dengan lentisel kecil.

Morfologi Daun Gamal

Daun tanaman gamal menyirip ganjil, helai daun berbentuk oval dan berhadap-hadapan dengan panjang sekitar 4 – 8 cm, terdiri dari 7 – 17 helai daun., ujung daun meruncing dan jarang yang bulat. Panjang daun 19 sampai 30 cm, semakin ke ujung daun semakin kecil.

Panjang tangkai daun sekitar 30 cm dengan lebar 5 – 20 cm. Anak daun 7 – 17 pasang yang terletak berhadapan atau hampir berhadapan, berbentuk jorong atau lanset. Helaian anak daun gundul, tipis, hijau di atas dan keputih-putihan di bagian bawahnya.

Morfologi Bunga Gamal

Bunga gamal berwarna merah muda cerah sampai kemerahan, biasanya dengan titik kuning pucat menyebar di dasar kelopak standar, dan panjang 2,5 – 15 cm. Susunan bunga tegak, bunga membentuk kelompok tangkai pada batang muda dan tua. Kelopak berbentuk bulat dan hampir tegak, berukuran 15 – 20 mm dengan lebar 4 – 7 mm.

Karangan bunga berupa malai yang berisi 25 sampai 50 kuntum dengan panjang ssekitar 5 – 12 cm. Mahkota bunga berwarna putih ungu dan 10 helai benang sari yang berwarna putih. Biasanya, bunga muncul di akhir musim kemarau.

Morfologi Buah Gamal

Buah gamal adalah buah polong berwarna hijau dan kuning cokelat muda ketika tua, panjang. Buah polong berbiji 3 – 8 butir, berbentuk pipih memanjang dan berwarna hijau dan kekuningan dan akhirnya cokelat kehitaman.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan gamal secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman gamal ya teman ! Baca juga deskripsi dan klasifikasi flamboyan :)