KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN GAMBIR

Artikel tentang tanaman gambir ini akan menjelaskan ciri ciri gambir lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman gambir (klasifikasi dan deskripsi gambir).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Gambir

Tanaman gambir adalah tanaman yang biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyirih dan sebagai bahan pewarna. Tanaman gambir ini ditemukan tumbuh liar di hutan pulau Sumatera dan Kalimantan.

Tanaman ini biasanya tumbuh baik di ketinggian 200 – 800 meter di atas permukaan laut. Tanaman gambir bisa tumbuh mencapai 10 meter. Tanaman gambir sering diambil getahnya lalu dikeringkan, cara mengambil getahnya adalah dengan mengekstrak daun dan ranting tanaman gambir.

Indonesia mengekspor 68% gambir dari Indonesia yang digunakan sebagai bahan campuran menyirih. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi gambir :


Klasifikasi Tanaman Gambir

Apa klasifikasi ilmiah gambir ?


Nama ilmiah gambir atau nama latin tanaman gambir adalah Uncaria gambir. Klasifikasi tumbuhan gambir adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Gentianales
FAMILI : Rubiaceae
GENUS : Uncaria Schreb.
SPESIES : Uncaria gambir (Hunter) Roxb.

Tabel : klasifikasi gambir


Morfologi Tanaman Gambir

Apa ciri ciri morfologi gambir / ciri ciri tumbuhan gambir ?


Ciri khusus gambir / ciri khas gambir & struktur morfologi gambir yaitu :

Morfologi Batang Gambir

Tanaman gambir adalah tanaman perdu yang memanjat. Tanaman gambir mempunyai batang yang merupakan padatan berbentuk kubus atau silinder tak beraturan dan tidak berambut. Percabangan tanaman gambir adalah simpodial. Warna permukaan luar batang gambir berwarna cokelat muda hingga cokelat tua kemerahan. Baunya khas dan rasanya sedikit pahit kemanisan.

Morfologi Daun Gambir

Daun gambir adalah daun tunggal yang tumbuh di tangkai batang. Daun gambir berbentuk oval memanjang dengan bagian ujung daun meruncing dan bagian tepi daun bergerigi. Permukaan daun tidak berbulu atau licin, dengan tangkai daunnya berukuran pendek.

Panjang daun gambir sekitar 8 sampai 13 cm dengan lebar 4 sampai 7 cm. Daun gambir memiliki kait di antara dua tangkai daunnya. Daun gambir letaknya berhadapan, dan pertulangan daun bagian bawah menonjol.

Morfologi Bunga Gambir

Bunga tanaman gambir adalah bunga majemuk yang bentuknya seperti lonceng dan tumbuh di ketiak daun. Ukuran bunga gambir sekitar 5 cm. Mahkotanya berjumlah 5 helai yang berbentuk lonjong dan berwarna ungu. Kelopak bunga gambir pendek dan benang dari berjumlah lima.

Morfologi Buah Gambir

Buah tanaman gambir berbentuk berupa polong semu yang berpenampang sampai 2 cm. Buah gambir ini penuh dengan biji-biji yang halus dan berukuran kurang lebih 1 – 2 mm. Bagian luar buah terdapat sayap yang memungkinkan biji gambir tersebar karena angin. Biji gambir berjumlah banyak, berbentuk seperti jarum dan berukuran kecil serta berwarna kuning.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan gambir secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman gambir ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi gaharu :)