KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN GANDUM

Artikel tentang tanaman gandum ini akan menjelaskan ciri ciri gandum lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman gandum (klasifikasi dan deskripsi gandum).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Gandum

Tanaman gandum termasuk golongan tanaman serealia dan menjadi komoditi sangat penting bagi manusia. Tanaman gandum adalah makanan pokok manusia (selain nasi/padi). Selain itu, tanaman gandum juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan bahan baku industri.

Tanaman gandum ini bisa dibedakan berdasarkan tekstur biji atau kernel (hard, soft, dan durum), warna kulit biji atau bran (merah dan putih), dan musim tanam (musim dingin dan musim semi. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi gandum :


Klasifikasi Tanaman Gandum

Apa klasifikasi ilmiah gandum ?


Nama ilmiah gandum atau nama latin gandum adalah Triticum aestivum. Klasifikasi tumbuhan gandum adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Poales
FAMILI : Poaceae
GENUS : Triticum L.
SPESIES : Triticum aestivum L.

Tabel : klasifikasi gandum


Morfologi Tanaman Gandum

Apa ciri ciri morfologi gandum / ciri ciri tumbuhan gandum ?


Ciri khusus gandum / ciri khas gandum & struktur morfologi gandum yaitu :

Morfologi Akar Batang Daun Gandum

Tanaman gandum mempunyai yang beruas dan berongga seperti tanaman padi. Ruas pada batang gandum berjumlah 6 ruas. Tanaman gandum juga mempunyai sistem perakaran serabut, seperti tanaman dari famili Gramineae lainnya.

Daun pada tanaman gandum tumbuh secara tegak atau melengkung, tergantung dari varietasnya, dan berbentuk menggaris seperti pita. Daun gandum yang sudah tua akan melengkung ke bawah dan mengering.

Morfologi Bunga Gandum

Tanaman gandum mempunyai bunga yang berjenis bunga majemuk. Kumpulan bunga atau spikelet bertumpuk satu sama lain pada bagian malai, dan setiap spikelet terdiri atas beberapa bulir dan kulir ari. Kemudian setiap bulir ini mempunyai batang yang berukuran sangat kecil. Setiap spikelet umumnya akan menghasilkan sekitar dua sampai tiga biji.

Tanaman gandum adalah tanaman yang menyerbuk sendiri (self-pollination), dan bunga mekar secara normal beberapa hari setelah malai muncul. Pembungaan pada tanaman gandum ini sangat dipengaruhi oleh musim, saat musim dingin tiba, pembungaan terjadi sangat lambat.

Morfologi Biji Gandum

Tanaman gandum mempunyai biji atau kernel yang berbentuk bulat oval dengan panjang sekitar 6 sampai 8 mm dan diameter kira kira 2 hingga 3 mm. Biji gandum ini mempunyai tekstur yang keras dan terdiri dari 3 bagian, yaitu bran (bagian kulit), endosperma dan germ (bagian lembaga).

Setiap bagian biji ini sulit untuk dipisahkan karena merupakan satu kesatuan biji, tetapi biasanya bagian kulit bisa dipisahkan melalui proses penggilingan saat pasca panen.

Bran adalah kulit luar biji gandum dan terdiri dari 5 lapisan, yaitu epidermis, endokarp, testa dan aleuron. Kemudian endosperma, adalah bagian terbesar dari biji gandum yang mengandung banyak protein, air dan pati. Terakhir, yaitu bagian lembaga yang merupakan bagian inti dari biji gandum. Bagian lembaga adalah cadangan makanan dan mengandung lemak.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan gandum secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman gandum ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi gambir :)