KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN GANYONG

Artikel tentang tanaman ganyong ini akan menjelaskan ciri ciri ganyong lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman ganyong (klasifikasi dan deskripsi ganyong).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Ganyong

Ganyong adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang tumbuh dwi tahunan (2 musim) atau sampai beberapa tahun. Ganyong sering digolongkan ke dalam tanaman umbi-umbian karena orang bertanam ganyong biasanya untuk dimanfaatkan umbinya.

Umbi yang dimaksud di sini adalah rhizoma yang merupakan batang di dalam tanah. Kelestarian tanaman ganyong saat ini terancanm karena tidak banyak orang yang menanam dan mengkonsumsi tanaman tersebut. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi ganyong :


Klasifikasi Tanaman Ganyong

Apa klasifikasi ilmiah ganyong ?


Nama ilmiah ganyong atau nama latin ganyong adalah Canna indica L atau Canna edulis. Klasifikasi tumbuhan ganyong adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Zingiberales
FAMILI : Cannaceae
GENUS : Canna L.
SPESIES : Canna indica L.

Tabel : klasifikasi ganyong


Morfologi Tanaman Ganyong

Apa ciri ciri morfologi ganyong / ciri ciri tumbuhan ganyong ?


Ciri khusus ganyong / ciri khas ganyong & struktur morfologi ganyong yaitu :

Morfologi Umbi Ganyong

Tanaman ganyong berumbi besar dengan diameter antara 5 – 8.75 cm dan panjangnya 10 – 15 cm, bahkan bisa mencapai 60 cm. Bagian tengahnya tebal dan dikelilingi berkas berkas sisik yang berwarna ungu atau cokelat. Rimpang bercabang horizontal, panjangnya dapat mencapai 60 cm, dengan buku-buku yang berdaging menyerupai umbi, tertutup dengan sisik daun, dan serabut akar yang tebal.

Morfologi Batang Ganyong

Bentuk tanaman ganyong adalah berumpun dan merupakan tanaman herba, semua organ vegetatifnya mulai dari batang serta daun sedikit berlilin. Tanaman ini tetap hijau sepanjang hidupnya. Tinggi batangnya 0.9 – 1.8 meter dan mencapai 3 meter bila diukur mengikuti batang.

Panjang batang di sini diukur mulai dari ujung tanaman hingga rhizoma atau sering disebut dengan umbi. Batang yang terdapat di atas permukaan tanah sebenarnya adalah batang semu yang terdiri dari kumpulan pelepah daun.

Morfologi Daun Ganyong

Daun tanaman gayong berbentuk elips memanjang dan lebar. Bagian pangkal dan ujung daun agak meruncing. Panjang daun sekitar 15 – 60 cm sedangkan lebarnya 7 – 20 cm. Di bagian tengah daun, terdapat tulang daun yang tebal.

Warna daunnya beragam, mulai dari hijau muda hingga hijau tua, terkadang bergaris ungu atau keseluruhan ungu. Begitu juga dengan pelepahnya, ada yang berwarna hijau dan ungu.

Morfologi Bunga Ganyong

Bunga tanaman gayong berwarna jingga dengan bagian pangkalnya kekuningan. Bunganya terdiri atas 3 helai kelopak. Bunga ganyong sangat mirip dengan bunga tasbih, hanya ukurannnya lebih kecil. Perbungaannya terletak di ujung ranting, tandan, biasanya sederhana tapi kadang bercabang.

Munculnya bunga ini bisa tunggal atau berpasangan dan tidak teratur. Bunga biseksual, kelopak berbentuk bulat telur, mahkota berbentuk pita dan berwarna merah pucat sampai kuning, bibir bunga berbentuk lonjong atau bulat telur sempit, berbintik kuning dan merah.

Morfologi Buah Ganyong

Buah ganyong berupa buah kotak beruang tiga yang masing-masnig ruang berisi 5 butir biji yang berukuran kecil dan berwarna hitam. buah ganyong berupa buah kotak beruang tiga yang masing-masing berisi 5 butir biji berukuran kecil berwarna hitam. Buah ganyong kerap kali tidak tumbuh sempurna, tertutup papilla dan panjangnya kurang lebih 3 cm.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan ganyong secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman ganyong ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi gamal :)