KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN GEMBILI

Artikel tentang tanaman gembili ini akan menjelaskan ciri ciri gembili lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman gembili (klasifikasi dan deskripsi gembili).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Gembili

Tanaman Gembili yang merupakan suku gadung-gadungan (Dioscoreaceae), adalah tanaman umbi-umbian yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Jenis umbi ini biasa hanya disebut Gembili, berukuan lebih kecil dari umbi jenis uwi lainnya sehingga dalam Bahasa Inggris, tanaman ini disebut ‘lesser yam’. Sebagaimana jenis uwi lainnya, gembili adalah tanaman melilit, dan melilitnya ke arah kanan (searah jarum jam jika dilihat dari atas.

Sekarang, umbi gembili sudah sulit dijumpai di pasaran. Budidaya tanaman gembili masih cukup luas di pedesaan meskipun kelestariannya semakin terancam. Gembili menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi gembili :


Klasifikasi Tanaman Gembili

Apa klasifikasi ilmiah gembili ?


Nama ilmiah gembili atau nama latin gembili adalah Dioscorea esculenta L.. Klasifikasi tumbuhan gembili adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Dioscoreales
FAMILI : Dioscoreaceae
GENUS : Dioscorea L.
SPESIES : Dioscorea esculenta (Lour.) Burkill

Tabel : klasifikasi gembili


Morfologi Tanaman Gembili

Apa ciri ciri morfologi gembili / ciri ciri tumbuhan gembili ?


Ciri khusus gembili / ciri khas gembili & struktur morfologi gembili yaitu :

Jenis-jenis gembili yang banyak dijumpai adalah: Gembili gajah, yang berbentuk menjari dan memiliki ukuran umbi yang lebih besar dari pada yang lainnya. Gembili teropong yang berbentuk bulat memanjang seperti teropong. Gembili ketan yang berbentuk bulat dan berukuran lebih kecil akan tetapi memiliki rasa yang lebih pulen dan enak. Lalu gembili srewot, terdapat rambut-rambut akar yang sangat banyak di permukaan umbinya. Kemudian gembili wulung yang mempunyai batang dan daun berwarna ungu.

Morfologi tanaman gembili berbeda antara spesies atau varietas yang satu dengan yang lainnya, tetapi secara umum, morfologi tanaman gembili adalah sebagai berikut.

Morfologi Akar Gembili

Tanaman gembili adalah tanaman terna memanjat. Pada tumbuhan liar, akar-akar gembili seringkali berduri sedangkan pada tanaman budidaya tidak berduri. Batang tanaman gembili tumbuh tegak, dan memanjat melingkar. Bagian dasar batang berduri dan bagian atas tidak berduri. Tanaman gembili bisa tumbuh hingga mencapai tinggi antara 3 sampai 5 meter.

Morfologi Daun Gembili

Daun tanaman gembili merupakan daun tunggal yang letaknya berselang seling dan berbentuk menyerupai jantung. Pada pangkal daunnya seringkali terdapat dua duri. Daun tanaman gembili berwarna hijau.

Morfologi Bunga Gembili

Perbungaan jantan gembili terletak di ketiak daun dan perbungaan betinanya melengkung ke bawah. Bulir menyerupai tandan dan soliter.

Morfologi Buah Gembili

Buah atau umbi tanaman gembili menyerupai ubi jalar dengan ukurannya yang sebesar kepalan tangan orang dewasa dan berwarna cokelat muda. Dagingnya berwarna putih. Setiap satu tanaman gembili terdapat 4 – 20 umbi, umbi tua berbentuk silinder.

Kulit lapisan luar berwarna cokelat atau abu-abu cokelat. Kulitnya ini tipis dan seringkali kasar. Susunan senyawa umbi gembili bervariasi menurut spesies dan varietasnya, karbohidrat dalam umbi gembili sekitar 27 sampai 33%.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan gembili secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman gembili ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi ganyong :)