KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN ILER

Artikel tentang tanaman iler ini akan menjelaskan ciri ciri iler lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman iler (klasifikasi dan deskripsi iler).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Iler

Tanaman iler adalah tanaman obat-obatan yang termasuk ke dalam famili Labiatae. Tanaman iler mampu tumbuh dengan optimal di dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut, dan tumbuh liar di sekitar sungai atau ladang.

Tanaman iler ini berkhasiat mengobati penyakit ambeien, diabetes, mellitus, demam, diare, telat datang bulan dan bisul. Bagian dari tanaman ini yang sering dimanfaatkan adalah daun dan akarnya. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi iler :


Klasifikasi Tanaman Iler

Apa klasifikasi ilmiah iler ?


Nama ilmiah iler atau nama latin iler adalah Plectranthus scutellarioides. Klasifikasi tumbuhan iler adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Lamiaceae
GENUS : Plectranthus L’Hér.
SPESIES : Plectranthus scutellarioides (L.) R. Br.

Tabel : klasifikasi tanaman daun iler


Morfologi Tanaman Iler

Apa ciri ciri morfologi iler / ciri ciri tumbuhan iler ?


Ciri khusus iler / ciri khas iler & struktur morfologi iler yaitu :

Morfologi Batang Iler

Tanaman iler adalah tanaman herba yang memiliki batang berdiri tegak dan merayap. Batang tanaman iler bisa tumbuh mencapai 30 sampai 150 cm tingginya. Tanaman iler mempunyai penampung batang yang berbentuk segi empat.

Tanaman iler sering dimasukkan ke dalam golongan tumbuhan basah karena batangnya mudah patah. Batang iler ini mempunyai alur pada masing masing sisinya dan berwarna ungu kemerahan. Batang ini memiliki rambut dan percabangannya banyak.

Morfologi Daun Iler

Tanaman iler memiliki daun tunggal yang berbentuk seperti hati, segitiga atau bulat telur. Pangkal daun iler berbentuk membulat atau melekuk dan di setiap tepinya dihiasi oleh jorong jorong atau lekuk lekuk tipis yang bersambungan.

Pangkal daun iler ini kemudian disokong oleh tangkai daun yang mempunyai panjang sekitar 3 sampai 4 cm. Ujung daun iler meruncing serta pertulangan daun menyirip. Permukaan daunnya sedikit mengkilap dan memiliki rambut rambut halus panjang. Panjang daun iler sekitar 7 sampai 11 cm dengan lebar 3 hingga 6 cm dan berwarna ungu kecokelatan atau ungu kehitam-hitaman.

Morfologi Bunga Iler

Tanaman iler mempunyai bunga yang berbentuk untaian tersusun yang muncul pada bagian pucuk tangkai batang. Bunga iler berwarna merah putih atau ungu kuning. Tanaman iler mempunyai aroma yang khas dan rasanya agak pahit serta dingin.

Buah tanaman iler berbentuk bulat telur yang licin dan keras, kemudian jika seluruh bagian diremas akan mengeluarkan aroma yang wangi. Tanaman iler diperbanyak secara generatif dengan biji dan secara vegetatif dengan cara stek batang.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan iler secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman iler ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi ilalang :)