KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN INGGU

Artikel tentang tanaman inggu ini akan menjelaskan ciri ciri inggu lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman inggu (klasifikasi dan deskripsi inggu).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Inggu

Tanaman inggu adalah tanaman obat obatan yang berasal dari wilayah Eropa Selatan dan Afrika Utara. Tanaman inggu sering ditemukan di daerah pegunungan dan banyak tumbuh liar di ladang ladang. Meskipun begitu, banyak orang orang yang membudidayakan tanaman inggu karena manfaat yang dikandung tanaman ini.

Tanaman inggu berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti demam, radang paru, epilepsy, hepatitis, cacingan, nyeri dada dan hernia. Tetapi, penggunaan tanaman inggu sebagai obat ini harus hati hati.

Karena pemakaian lokal yang terlalu banyak bisa mengakibatkan warna kulit menjadi merah, membengkak dan bahkan melepuh. Ibu yang sedang hamil juga dilarang menggunakan tanaman ini. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi inggu :


Klasifikasi Tanaman Inggu

Apa klasifikasi ilmiah inggu ?


Nama ilmiah inggu atau nama latin inggu adalah Ruta angustifolia. Klasifikasi tumbuhan inggu adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
DIVISI : Magnoliophyta
KELAS : Equisetopsida
SUB KELAS : Magnoliidae
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Sapindales
FAMILI : Rutaceae
GENUS : Ruta L.
SPESIES : Ruta angustifolia Pers.

Tabel : klasifikasi inggu


Morfologi Tanaman Inggu

Apa ciri ciri morfologi inggu / ciri ciri tumbuhan inggu ?


Ciri khusus inggu / ciri khas inggu & struktur morfologi inggu yaitu :

Morfologi Batang Inggu

Tanaman inggu termasuk tanaman terna yang tumbuhnya tegak lurus ke atas dengan ketinggian mencapai sekitar 1,5 meter. Tanaman inggu ini memiliki batang yang berkayu dan berbentuk silindris serta ramping.

Percabangan tanaman inggu banyak namun lemah, jika diremas akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain digunakan sebagai obat obatan, tanaman inggu juga dimanfaatkan dalam industri parfum dan kosmetik.

Morfologi Daun Inggu

Tanaman inggu memiliki daun majemuk yang menyirip ganda. Letak daun inggu ini berselang seling. Anak daun inggu berbentuk lanset atau bulat telur sungsang. Pangkal daun inggu menyempit sedangkan bagian ujung daunnya tumpul.

Bagian tepi daun inggu merata serta pertulangan daun tidak jelas. Daun inggu berwarna hijau muda. Pertulangan daun inggu tidak jelas. Panjang daun ini yaitu sekitar 8 sampai 20 mm dengan lebar 2 hingga 6 mm.

Morfologi Bunga dan Buah Inggu

Tanaman inggu mempunyai bunga majemuk dalam malai rata dan muncul di bagian ujung ranting. Mahkota bunga inggu berbentuk seperti mangkuk serta warnanya kuning terang. Buah tanaman inggu berukuran kecil dan berbentuk lonjong, serta terbagi menjadi sekitar 4 sampai 5 kotak.

Buah inggu ini berwarna cokelat. Biji tanaman inggu berukuran kecil dan bentuknya menyerupai ginjal serta berwarna hitam. Perbanyakan tanaman inggu biasanya dengan cara vegetatif (stek batang).


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan inggu secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman inggu ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman daun iler :)