KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN INSULIN

Artikel tentang tanaman insulin ini akan menjelaskan ciri ciri pohon insulin lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman insulin (klasifikasi dan deskripsi insulin).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Insulin

Tithonia diversifolia adalah tanaman obat obatan yang diduga berasal dari negara Meksiko. Orang-orang sering menyebut Tithonia diversifolia sebagai tanaman daun insulin. Tanaman ini digunakan daunnya sebagai jamu paitan. Jamu paitan dari tanaman Tithonia diversifolia ini dipercaya berkhasiat mengobati penyakit diabetes.

Kandungan senyawa dalam daun Tithonia bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Karena manfaatnya ini, Tithonia diversifolia dinamai sebagai daun insulin. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi daun insulin :


Klasifikasi Tanaman Insulin

Apa klasifikasi ilmiah insulin ?


Nama ilmiah insulin atau nama latin insulin adalah Tithonia diversifolia. Klasifikasi tumbuhan insulin adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Asterales
FAMILI : Asteraceae
GENUS : Tithonia Desf. ex Juss.
SPESIES : Tithonia diversifolia (Hemsl.)

Tabel : klasifikasi daun insulin


Morfologi Tanaman Insulin

Apa ciri ciri morfologi insulin / ciri ciri tumbuhan insulin ?


Ciri khusus insulin / ciri khas insulin & struktur morfologi daun insulin yaitu :

Morfologi Akar dan Batang Tanaman Insulin

Tithonia diversifolia mempunyai pertumbuhan yang cepat dan perakaran yang cukup dalam. Tajuk tanaman ini rapat, sehingga tanaman titonia ini cocok dijadikan tanaman pengendali erosi. Tanaman T. diversifolia adalah tanaman berjenis peru yang berdiri tegak dan tumbuh mencapai ketinggian sekitar 5 meter.

Batang tanaman T. diversifolia ini berbentuk bulat, berkayu dan berwarna hijau. Batang T. diversifolia mengandung lignin yang tinggi dan sering digunakan sebagai kayu bakar. Tajuk tanaman ini mudah dipangkas dan cepat untuk rimbun kembali. Hasil pangkasan ini biasanya dijadikan sebagai pakan ternak atau dikembalikan ke lahan sebagai unsur hara tana,an. Tanaman insulin mempunyai umur semusim.

Morfologi Daun Insulin

Tanaman Tithonia diversifolia mempunyai daun yang termasuk jenis daun tunggal. Letak daun ini di batang berselang-seling. Panjang daun T. diversifolia ini sekitar 26 sampai 32 cm dengan lebar kira kira 15 hingga 25 cm. Bagian ujung dan pangkal daun meruncing dan pertulangan daun menyirip. Daun T. diversifolia ini berwarna hijau.

Morfologi Bunga Tanaman Insulin

Tanaman Tithonia diversifolia mempunyai bunga yang majemuk dan terletak di ujung ranting. Tangkai bunga ini berbentuk bulat dan kelopak bunga berbentuk tabung serta memiliki bulu bulu yang halus. Warna kelopak bunga ini yaitu hijau. Mahkota bunga lepas, berbentuk seperti pita, halus dan berwarna kuning. Benang sari berbentuk bulat dan berwarna kuning. Putik melengkung dan berwarna kuning juga.

Buah tanaman insulin berbentuk bulat. Saat masih muda, buah ini berwarna hijau, dan setelah berusia tua, buah berwarna coklat. Biji T. diversifolia berwarna coklat dan berbentuk bulat serta keras.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan insulin secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman insulin ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman obat inggu :)