KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN IRIS

Artikel tentang tanaman bunga iris ini akan menjelaskan ciri ciri tanaman iris lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman iris (klasifikasi dan deskripsi iris).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Iris

Tanaman bunga iris adalah tanaman hias yang berasal dari negara Jepang. Tanaman ini dibudidayakan sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah dan menarik. Tanaman bunga iris menyukai daerah pegunungan.

Selain sebagai tanaman hias, tanaman iris ini juga biasa digunakan sebagai tanaman obat obatan. Bagian tanaman yang digunakan di antaranya yaitu akar, rimpang, dan daun. Tanaman Iris tectorcum berkhasiat mengobati berbagai penyakit, seperti radang tenggorokan, hepatitis, gusi bengkak, mual dan perut kembung, radang ginjal, sembelit atau susah buang air besar, rematik, luka memar, radang kulit, bisul dan lain sebagainya. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi bunga iris :


Klasifikasi Tanaman Iris

Apa klasifikasi ilmiah bunga iris ?


Nama ilmiah iris atau nama latin iris adalah Iris tectorum Maxim. Klasifikasi tumbuhan iris adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Asparagales
FAMILI : Iridaceae
GENUS : Iris L.
SPESIES : Iris tectorum Maxim

Tabel : klasifikasi tanaman iris


Morfologi Tanaman Iris

Apa ciri ciri morfologi tanaman iris / ciri ciri tumbuhan iris ?


Ciri khusus iris / ciri khas iris & struktur morfologi iris yaitu :

Tanaman Iris tectorcum Max adalah tanaman berjenis herba yang tumbuh dengan akar rimpang berukuran pendek. Tanaman Iris tectorcum Max memiliki daun yang termasuk jenis daun tunggal serta organ daun yang berbentuk lanset dan memanjang dengan bagian ujung daun meruncing. Panjang daun tanaman Iris tectorcum Max ini sekitar 25 sampai 40 cm dengan lebar 1,5 hingga 3 cm dan mempunyai warna hijau kebiruan.

Morfologi Bunga Iris

Tanaman bunga iris ini mempunyai bunga yang berwarna ungu dan memiliki tangka karangan bunga yang berukuran sekitar 3 sampai 25 cm. Seludang bunga tanaman Iris tectorcum Max ini berbentuk lanset dan memiliki panjang sekitar 5 sampai 8 cm dan berbunga dua hingga banyak.

Taju tenda bunga Iris tectorcum Max ini berbentuk bulat oval dengan bagian tepinya keriting dan letaknya paling luar. Pangkal taju tenda bunga Iris berwarna ungu pucat atau ungu bergaris. Tiga taju tenda bunga yang terluar berukuran lebih pendek, berwarna ungu, berkuku dan berbentuk seperti talang.

Benang sari Iris tectorcum Max letaknya berhadapan dengan taju terluar serta memiliki panjang sekitar 2,5 cm. Kepala sari bunga iris menempel pada bagian cabang tangkai putik. Tangkai putik sendiri berukuran pendek. Calon buah Iris tectorcum Max berbentuk spul dan persegi tiga. Buah tanaman bunga iris ini memiliki buah yang termasuk jenis buah kotak dengan bentuk memanjang.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan iris secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman iris ya teman ! Baca juga klasifikasi daun insulin :)