KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN KACANG GUDE

Artikel tentang tanaman kacang gude ini akan menjelaskan ciri ciri kacang gude lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kacang gude (klasifikasi dan deskripsi kacang gude).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kacang Gude

Buah dan bijinya yang masih muda berwarna hijau dapat dikonsumsi sebagai sayur, sedangkan bijinya yang telah tua dapat dimasak atau direbus sebagai makanan ringan. Bagian pucuk tanaman dengan buah dan daun muda dapat dijadikan makanan ternak.

Dua macam varietas kacang gude yang dikenal petani adalah :

  • var. Flavus : umurnya lebih genjah, tanaman lebih pendek. batangnya kekuningan, polongnya hijau kalau telah masak berwarna terang, biasanya tiap polong berisi tiga biji.
  • var, Bicolor : bersifat tahunan, tajuk lebih besar, batangny merah keunguan, polongnya berwarna gelap dan berbulu berisi 4-5 biji, kalau masak berwarna gelap.

Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kacang gude :


Klasifikasi Tanaman Kacang Gude

Apa klasifikasi ilmiah kacang gude ?


Nama ilmiah kacang gude atau nama latin kacang gude adalah Cajanus cajan L. Mill sp. Klasifikasi tumbuhan kacang gude adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Fabales
FAMILI : Fabaceae
GENUS : Cajanus Adans.
SPESIES : Cajanus cajan L. Mill sp

Tabel : klasifikasi kacang gude


Morfologi Tanaman Kacang Gude

Apa ciri ciri morfologi kacang gude / ciri ciri tumbuhan kacang gude ?


Ciri khusus kacang gude / ciri khas kacang gude & struktur morfologi kacang gude yaitu :

Tanaman kacang gude merupakan tanaman tahunan berumur pendek, batangnya berkayu, tingginya 1-2 meter; kadangkala ditanam sebagai tanaman semusim. Berakar tunggang, akar utamanya cukup dalam dan menumbuhkan akar-akar lateral yang meluas.

Percabangannya banyak, dengan jumlah, posisi, dan sudut cabang berbeda-beda menurut varietasnya. Penampang batang muda bersudut dan berbulu halus.

Daunnya tersusun spiral pada batang dengan filotaksis 2/5, helai daunya trifoliate; tangkai daunnya 2-8 cm, berlekuk di bagian atasnya; lidah daun kecil, oval, berbulu, panjangnya 4 mm, tiga helai anak daunnya melekat pada ujung tangkai daun. Anak daun tersebut berbentuk eliptis meruncing di kedua ujungnya berbulu halus, kekelabuan di permukaan bawah dengan kelenjar-kelenjar kecil berwarna kekuningan, ukuran (6—15cm) x (2—6 cm).

Tandan bunga kecil, tumbuh di pucuk atau ketiak daun / cabang, panjangnya 4-12 cm, terdiri atas beberapa bunga. Pembungaan berlangsung beberapa bulan. Individu bunga panjangnya 2,5 cm, mahkota bunganya berwarna kuning.

Buah polongnya pipih, berisi 2-8 biji, ukurannya (4-10 cm) x (0,6 x 1,5 cm), berbulu halus, warna hijau gelap. Bijinya membulat atau oval, diameternya 8 mm, putih kekelabuan-merah-coklat. Berat 100 biji sekitar 11 – 13 gram.

Gude dapat tumbuh dan berproduksi pada berbagai kondisi iklim dan tanah. Tahan kekeringan, perakarannya tumbuh cukup dalam sehingga memungkinkan untuk tumbuh dengan baik pada kondisi yang agak kering dengan curah hujan tahunan sekitar 650 mm. Tanaman ini kurang sesuai untuk daerah yang iklimnya terlalu basah.

Kacang gude termasuk tanaman hari pendek, sangat peka terhadap defisiensi kapur dan tidak tahan penggenangan.

Untuk budidaya tanaman kacang gude, tumbuhan ini dapat ditanam secara monokultur atau dengan tumpang sari dengan tanaman lain seperti jagung dan ubi kayu.

Pertumbuhan awalnya agak lambat, tetapi apabila telah tumbuh menjadi besar ia tidak memerlukan perawatan khusus. Respon pemupukan agak rendah, kecuali pupuk fosfat pada tanah yang sangat miskin fosfat.

Gude jenis genjah mulai berbuah pada umur 12-14 minggu dan buah akan masak dalam waktu 5-6 bulan. Gude jenis umur panjang akan berbuah lebih lambat dan memerlukan waktu 9 – 12 bulan untuk menghasilkan buah masak.

Hama dan penyakit kacang gude antara lain :

  • Penyakit layu bakteri Fusarium udum Butl., yang menyerang mulai dari akar sampai pangkal batang.
  • Kanker batang (Physalospara cajanae)
  • Hama Heliothis armigera Hubn, Exelastis atomasa Agromyza obtusa, Elasmopalpus rubedinellus dsb

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kacang gude secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kacang gude ya teman ! Baca juga morfologi dan klasifikasi bengkuang :)