KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN KAKTUS

Artikel tentang tanaman kaktus ini akan menjelaskan ciri ciri kaktus lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kaktus (klasifikasi dan deskripsi kaktus).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kaktus

Kaktus adalah tanaman dari anggota famili Cactaceae yang berasal dari benua Amerika. Meskipun terkenal sebagai tanaman di daerah gurun, faktanya hanya seperempat dari keseluruhan total spesies kaktus yang hidup di daerah tersebut. Sisanya hidup di daerah semi-gurun, padang rumput dan hutan meranggas.

Tanaman ini bisa hidup di daerah yang beriklim tropis ataupun sub tropis. Tanaman kaktus terkenal sebagai tanaman gurun karena cara adaptasinya yang unik terhadap kekeringan, seperti perakaran yang panjang, penyimpanan air di ruang batang, dan duri serta lapisan lilin untuk mengurangi penguapan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kaktus :


Klasifikasi Tanaman Kaktus

Apa klasifikasi ilmiah kaktus ?


Nama ilmiah kaktus atau nama latin kaktus adalah Cactaceae Juss. Saat ini adalah sekitar 100 genus dan 1000-2000 spesies. Klasifikasi tumbuhan kaktus adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Caryophyllanae
ORDO : Caryophyllales
FAMILI : Cactaceae Juss.

Tabel : klasifikasi kaktus


Morfologi Tanaman Kaktus

Apa ciri ciri morfologi kaktus / ciri ciri tumbuhan kaktus ?


Ciri khusus kaktus / ciri khas kaktus & struktur morfologi kaktus yaitu :

Morfologi Akar Kaktus

Sistem perakaran tanaman kaktus adalah akar tunggang lalu membentuk akar cabang dan kemudian akar rambut. Tetapi, ada juga akar kaktus yang bersifat epifit, yaitu akar menempel pada batu karang atau tanaman lain.

Akar kaktus biasanya berukuran panjang untuk mencari dan memperlebar daerah penyerapan air di dalam tanah. Itulah salah satu alasan kenapa tanaman kaktus tahan terhadap kekeringan.

Morfologi Batang Kaktus

Batang kaktus mengandung banyak air atau sukulen. Air disimpan di batang dalam bentuk lendir sehingga tidak mudah menguap. Kulit batang kaktus berwarna hijau, hijau kebiru-biruan, atau abu-abu kebiru-biruan dan berlapis lilin. Lapisan lilin ini berfungsi untuk mengurangi penguapan.

Bentuk batang kaktus umumnya bulat, silindris dan papak seperti layaknya tiang. Ukurannya bervariasi, ada yang pendek sampai lebih dari 20 meter. Permukaan batang kaktus mempunyai lekukan yang berbentuk cembung, tempat melekatnya duri-duri.

Morfologi Daun Kaktus

Tidak semua subfamili kaktus mempunyai daun. Seperti pada subfamili pereskiae yang mempunyai daun tunggal berukuran besar dan bertangkai pendek. Pada subfamili yang tidak memiliki daun, proses fotosintesis dilakukan di bagian batang.

Morfologi Bunga Kaktus

Bunga kaktus berbentuk menyerupai corong dengan ukuran dan warnanya yang bervariasi tergantung jenis. Bunga kaktus mekar pada siang hari. Warna mahkota bunganya bermacam-macam seperti kuning merah, rose, violet muda dan sebagainya.

Morfologi Buah & Biji Kaktus

Buah kaktus berbentuk bulat atau lonjong dan berdaging tebal. Letak buahnya bergerombol di atas ujung batang. Setiap butir buah kaktus dilindungi oleh duri-duri yang tajam. Bentuk biji kaktus bulat kecil, berkulit tipis hingga tebal dan keras. Biji ini mempunyai permukaan kulit yang mengkilap dan berwarna cokelat kehitam-hitaman.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kaktus secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kaktus ya teman ! Baca juga klasifikasi dan deskripsi pohon jati :)