KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN KECIPIR

Artikel tentang tanaman kecipir ini akan menjelaskan ciri ciri kecipir lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kecipir (klasifikasi dan deskripsi kecipir).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kecipir

Nama lain kecipir adalah buncis Manila, kapri raja & buncis Goa. Kecipir lebih dikenal dengan nama winged bean karena bentuknya mirip seperti kacang yang bersayap. Tanaman ini dibudayakan untuk diambil buahnya yang masih muda untuk dijadikan sayur, kadangkala juga diambil umbinya.

Ada begitu banyak manfaat kecipir. Khasiat kecipir (dari ekstrak daunnya) adalah untuk mengobati sakit telinga, mengempiskan bisul dan menyembuhkan pembengkakan mata.

Kandungan kecipir yang terdapat pada biji dan daun yaitu tanin, flavonoid dan saponin. Bijinya juga mengandung banyak protein, lemak, fosfor, magnesium dan kalium. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kecipir :


Klasifikasi Tanaman Kecipir

Apa klasifikasi ilmiah kecipir ?


Nama ilmiah kecipir atau nama latin kecipir adalah Psophocarpus tetragonolobus. Klasifikasi tumbuhan kecipir adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Fabales
FAMILI : Fabaceae
GENUS : Psophocarpus
SPESIES : Psophocarpus tetragonolobus (L.) DC

Tabel : klasifikasi kecipir


Morfologi Tanaman Kecipir

Apa ciri ciri morfologi kecipir / ciri ciri tumbuhan kecipir ?


Ciri khusus kecipir / ciri khas kecipir & struktur morfologi kecipir yaitu :

Kecipir merupakan tanaman legum tahunan yang batangnya kembar. Akarnya berumbi dengan bintil-bintil akar yang besar. Sebagian akarnya akan menebal dan menjadi umbi.

Daunnya berlobi tiga (trifoliate). Bunganya biru atau putih tumbuh bergerombol pada ujung cabang.

Kecipir adalah tumbuhan menahun yang tumbuhnya merambat dan membelit berbentuk semak. Batangnya beruas-ruas berbentuk silindris dengan panjang hingga mencapai 5 meter.

Polongnya cukup besar dengan panjang sekitar 15 — 25 cm, penampang lintangnya persegi bersudut dengan empat sayap bergelombang sepanjang polong. Bijinya coklat bulat mengandung 30% protein kasar. Tanaman ini dapat ditanam langsung di lapangan tanpa perlu disemai.

Tanaman ini tumbuh alami di India, dan sekarang ditanam sebagai sayuran hijau di seluruh daerah tropis. Persyaratan lingkungannya sama seperti kacang panjang, tetapi ia dapat lebih tahan terhadap kondisi ekstrim seperti kekeringan.

Untuk budidaya kecipir, biji ditanam di lapangan dengan jarak 1,3 m x 0,6m; dilengkapi dengan lanjaran untuk merambat. Untuk produksi umbi, jarak tanamnya 60 x 100 cm dan tanaman dibiarkan menjalar dimuka tanah. Polong hijau dapat dipanen sejak umur 3 bulan selama masa satu tahun. Umbi dapat dipanen setelah umur 7-8 bulan. Pupuk lengkap juga sangat diperlukan pada saat masa awal penanaman.

Hama yang sering menggangu adalah lalat buncis. Lalat buncis kadang-kadang menjadi problema dan dapat dikontrol dengan menggunakan insektisida yang cocok.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kecipir secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kecipir ya teman ! Baca juga morfologi kacang tunggak :)