KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN KENANGA

Artikel tentang tanaman bunga kenanga ini akan menjelaskan ciri ciri kenanga lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kenanga (klasifikasi dan deskripsi kenanga).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kenanga

Tanaman kenanga adalah tanaman flora identitas provinsi Sumatera Utara yang tumbuhnya tersebar dari Thailand hingga Australia. Tanaman kenanga tersebar di hampir seluruh daerah Indonesia.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan optimal di dataran rendah sampai ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dengan iklim panas serta sinar matahari yang cukup. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kenanga :


Klasifikasi Tanaman Kenanga

Apa klasifikasi ilmiah kenanga ?


Nama ilmiah kenanga atau nama latin kenanga adalah Cananga odorata. Klasifikasi tumbuhan kenanga adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Magnolianae
ORDO : Magnoliales
FAMILI : Annonaceae
GENUS : Cananga (DC.) Hook. f. & Thomson
SPESIES : Cananga odorata (Lam.)

Tabel : klasifikasi kenanga


Morfologi Tanaman Kenanga

Apa ciri ciri morfologi kenanga / ciri ciri tumbuhan kenanga ?


Ciri khusus kenanga / ciri khas kenanga & struktur morfologi kenanga yaitu :

Morfologi Akar Kenanga

Akar kenanga adalah akar tunggang yang berwarna cokelat.

Morfologi Batang Kenanga

Tanaman kenanga adalah tanaman pohon yang besar dengan tinggi mencapai 20 meter serta diameter batang sekitar 70 cm. Batang pohon kenanga berbentuk membulat serta mudah patah ketika masih muda. Batang utama tanaman kenanga panjang dan bercabang-cabang, kulit batangnya berwarna abu-abu keputihan.

Morfologi Daun Kenanga

Daun kenanga adalah daun tunggal yang berbentuk bulat oval. Pangkal daunnya berbentuk seperti jantung dan ujung daunnya meruncing. Panjang daun kenanga sekitar 10 sampai 23 cm dengan lebar 4,5 sampai 14 cm. Permukaan daun bertekstur licin, bagian atasnya bewarna hijau, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau muda.

Morfologi Bunga Kenanga

Bunga kenanga muncul di batang atau ranting bagian atas. Susunan bunga kenanga seperti bintang dan majemuk dengan garpu garpu. Bunga kenanga terdiri atas 6 lembar daun dan memiliki aroma yang harum dan khas. Bunga ini menggantung dalam rangkaian dan bermahkota lebar, akan tetapi bunga kenanga ini mudah gugur.

Bunga kenanga tidak terlalu menonjol dan tumbuhnya berkelompok, terdiri dari 6 sampai 10 kuntum pada satu tangkai. Kelopak bunga berbentuk menyerupai pita yang agak terpilin. Bunga kenanga termasuk bunga lengkap karena memiliki benang sari, putik, mahkota bunga, kelopak bunga dan tangkai bunga.

Morfologi Buah Kenanga

Buah kenanga berbentuk bulat oval, seperti telur terbalik, dan berdaging tebal. Warna buah ini hijau saat muda dan hitam setelah tua, serta ukuran buahnya sekitar 2 cm. Biji kenanga berjumlah sekitar 8 sampai 12 setiap satu buah. Bentuk bijinya bulat, pipih, berkulit keras dan berwarna cokelat, serta tersusun dalam dua baris.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kenanga secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kenanga ya teman ! Baca juga klasifikasi bunga iris :)